Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hajar Eibar, Barcelona Kokoh di Puncak Klasemen

Kompas.com - 19/10/2014, 02:50 WIB
Ary Wibowo

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Barcelona berhasil menang tiga gol tanpa balas atas Eibar pada pertandingan lanjutan Primera Division di Stadion Camp Nou, Sabtu atau Minggu (19/10/2014) dini hari WIB.

Raihan tiga angka ini membuat Barcelona kokoh di puncak klasemen sementara dengan poin 22, unggul empat angka dari Real Madrid di posisi kedua. Sementara itu, Eibar menempati peringkat ke-11 dengan poin sembilan.

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Barcelona langsung tampil menekan sejak menit-menit awal. Beberapa kali skuad asuhan Luis Enrique tersebut mendapatkan peluang untuk mencetak gol.

Pada menit ke-24, misalnya, ketika Lionel Messi mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol di kotak penalti Eibar. Sayang, bola tendangan bomber asal Argentina tersebut masih dapat diblok oleh kiper Xabi Irureta.

Meski Barcelona mendominasi permainan, Eibar bukan tanpa serangan. Melalui serangan balik skuad asuhan Gaizka Garitano itu juga mampu beberapa kali merepotkan barisan pertahanan Barcelona.

Bahkan, mereka hampir saja unggul lebih dulu jika bola tendangan Ander Capa tidak menyamping tipis di sisi kanan gawang Barcelona. Padahal, Ander Capa sudah mampu melewati kiper Barcelona, Claudio Bravo.

Barcelona kembali mendapatkan peluang melalui Messi pada menit ke-43. Akan tetapi, bola tendangan Messi kembali masih ditepis oleh Irureta. Skor 0-0 pun akhirnya bertahan hingga turun minum.

Barcelona akhirnya mampu memecah kebuntuan pada babak kedua. Adalah Xavi Hernandez yang membuka keran gol skuad Blaugrana setelah mampu memaksimalkan umpan Lionel Messi pada menit ke-60.

Gol tersebut membangkitkan semangat para pemain Barcelona. Gol kedua mereka pun tercipta berkat torehan Neymar pada menit ke-72. Gol tersebut diciptakan Neymar seusai menerima umpan silang Dani Alves.

Dua menit berselang, giliran Messi yang mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari kerjasama satu dua dengan Neymar, Messi melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti yang bolanya bersarang ke pojok kanan gawang Eibar.

Unggul tiga gol, Barcelona tidak menurunkan intensitas serangan. Namun, beberapa peluang mereka tidak dapat dikonversikan menjadi gol sehingga skor 3-0 pun bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan pemain:
Barcelona: 13-Claudio Bravo, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba, 22-Dani Alves, 24-Jeremy Mathieu, 6-Xavi, 14-Javier Mascherano, 20-Sergi Roberto (8-Andres Iniesta 55), 7-Pedro (29-Sandro Ramirez 71), 10-Lionel Messi, 11-Neymar (31-Munir El Haddadi 77)
Pelatih: Luis Enrique

Eibar: 1-Xabi Irureta, 2-Eneko Boveda, 5-Borja Ekiza, 6-Raul Redal, 16-Manuel Castellano, 24-Abraham Minero, 7-Ander Capa (18-Derek Boateng 76), 8-Jon Errasti, 14-Dani García, 23-Javier Lara (19-Federico Piovaccari 57), 21-Saul Berjon (11-Dani Nieto 77)
Pelatih: Gaizka Garitano

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com