Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaka Menyesal Tolak Tawaran Rp 1,9 Triliun dari City

Kompas.com - 27/09/2014, 03:01 WIB
SAO PAULO, KOMPAS.com - Gelandang Sao Paulo, Ricardo Kaka, pernah mendapatkan tawaran bergabung senilai 100 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,95 triliun, dari Manchester City, ketika bermain untuk AC Milan pada Januaro 2009.

Saat itu, Kaka memilih tetap di Milan hingga pindah ke Real Madrid pada Juli 2009, dengan nilai transfer sekitar 48 juta poundsterling atau sekitar Rp 937 miliar.

Pada September 2013, Kaka kembali ke Milan dan bermain di situ hingga pindah ke Orlando City, pada Juli 2014. Kaka berada di Sao Paulo dengan status pinjam hingga Desember 2014.

Menurut mantan Ketua Eksekutif Manchester City, Gary Cook, ia belum lama ini bertemu dengan Kaka, dan Kaka mengaku berharap menerima tawaran City dulu.

"Saya bicara dengan Kaka dan ia mengatakan, 'Kadang-kadang, aku berharap aku bergabung (dengan City) saat itu,'" ujar Cook.

Mengenai kegagalan City merekrut Kaka, Cook menjelaskan bahwa City sudah memperkirakan hal itu. Namun, lanjut Cook, City tetap mengajukan tawaran untuk menunjukkan bahwa mereka serius dan berambisi untuk berkembang menjadi klub besar.

"Itu adalah usaha untuk mendatangkan salah satu pemain terbaik di dunia ke klub sepak bola itu. Ada kesadaran bahwa Anda memiliki peluang sangat kecil, tetapi itu menunjukkan ambisi kami," ujar Cook, yang meninggalkan City pada 2011.

"(Tawaran untuk Kaka) membuat orang berpikir, 'Sebentar, mungkin orang-orang ini serius (berusaha menjadi klub besar)' yang mempengaruhi para pemain, suporter, para pegawai, dan dunia sepak bola mulai melihat secara berbeda. Dalam waktu singkat, ada klub baru yang menonjol," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ESPN FC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com