Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Kalah, Persela Lolos ke Delapan Besar ISL

Kompas.com - 06/09/2014, 00:52 WIB

SURABAYA, Kompas.com - Persela Lamongan tetap lolos ke babak delapan besar kompetisi Indonesia Super League (ISL), meskipun kalah 1-3 dari Perseru Serui pada laga terakhir Grup Timur di Stadion Surajaya, Lamongan, Jawa Timur, Jumat (5/9/2014).

Tim berjuluk Laskar Joko Tingkir itu tetap bertahan di peringkat ke-4 klasemen akhir grup tersebut dengan nilai 28. Mereka unggul tiga angka atas PSM Makassar di urutan kelima yang pada laga terakhir juga menyerah 1-2 dari tuan rumah Mitra Kukar.

Persela menjadi tim terakhir dari Wilayah Timur yang mengamankan tiket babak delapan besar, mendampingi Persebaya Surabaya, Persipura Jayapura dan Mitra Kukar.

Sementara bagi Perseru, kemenangan atas Persela menghindarkan tim asal Papua itu dari degradasi. Perseru naik dua tingkat ke posisi ke-8 dengan nilai 23, menggusur Persiram Raja Ampat dan Persepam Madura United yang memiliki poin sama.

Meski kalah selisih gol, Perseru unggul head-to-head atas dua rivalnya tersebut. Dengan demikian, mereka yang berhak duduk di peringkat kedelapan.

Tampil dengan motivasi tinggi usai mengalahkan tim tangguh Persipura Jayapura di laga sebelumnya, Persela justru bermain buruk dan sempat tertinggal 0-3 dalam waktu 20 menit.

Penyerang Perseru Jean Paul Boumsong membobol gawang Khoirul Huda saat laga baru berjalan enam menit, kemudian Arthur Bonai menggandalkan keunggulan pada menit ke-17 dan Ali Khadafi melengkapi derita Persela pada tiga menit berselang.

Tuan rumah baru bisa memperkecil ketinggalan pada menit ke-29 melalui Roman Golian, tetapi selanjutnya gagal memanfaatkan sejumlah peluang dan harus menyerah 1-3.

Laga Persela melawan Perseru sempat molor sekitar 30 menit saat memasuki babak kedua, karena muncul protes dari pemain dan ofisial tuan rumah terhadap kepemimpinan wasit Nusur Fadila.

Setelah melalui perundingan dengan pengawas pertandingan, laga kembali dilanjutkan setelah disepakati pergantian wasit. Nusur Fadila diganti wasit cadangan Suyanto.

"Kami minta maaf kepada suporter karena gagal memberikan kemenangan di laga terakhir. Seluruh pemain sudah berjuang maksimal untuk menekan, tetapi penyelesaian akhir masih buruk. Ini menjadi bahan evaluasi kami sebelum laga delapan besar," kata asisten pelatih Persela Didik Ludiyanto usai pertandingan.

Sementara pelatih Perseru Agus Setyono menyatakan bersyukur timnya bisa meraih poin maksimal dan terhindar dari degradasi, karena seluruh pemain memiliki motivasi sama untuk menang.

"Saya memang instruksikan anak-anak untuk menyerang sejak awal. Gol cepat Boumsong membuat semangat tempur pemain semakin meningkat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com