Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Berani Bilang Piala Dunia Tidak Penting, Casillas?

Kompas.com - 19/06/2014, 11:23 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis

Sumber Marca
RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Kapten tim nasional Spanyol, Iker Casillas, gagal membawa timnya mempertahankan gelar Piala Dunia. Spanyol harus tersingkir di babak penyisihan grup usai dikalahkan Cile, 0-2, di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Rabu (18/6/2014).

Dengan menelan dua kekalahan dalam dua laga, Spanyol sudah tidak bisa mengejar Belanda dan Cile yang telah mengemas dua kemenangan. Laga terakhir melawan Australia tidak akan berpengaruh bagi Spanyol. Kedua tim itu sama-sama dipastikan telah tersingkir dari Piala Dunia 2014.

Ada yang menarik melihat kegagalan Spanyol ini. Perkataan Casillas soal Piala Dunia 2014 setelah dia berhasil membawa Real Madrid menjadi juara Liga Champions menjadi kenyataan.

"Gelar Liga Champions sangat spesial. Ini lebih penting dari Piala Dunia. Kami sudah menunggu lama dan 10 (la decima) merupakan angka yang luar biasa," ujar Casillas seusai Madrid menaklukkan Atletico Madrid di Lisabon, 24 Mei silam.

Saat itu, Casillas menilai trofi Liga Champions kesepuluh yang diraih timnya lebih penting dari Piala Dunia. Real Madrid meraih trofi Liga Champions kesepuluh (la decima) setelah menang 4-1 atas Atletico Madrid. (Baca: Casillas: "La Decima" Lebih Penting dari Piala Dunia)

Penampilan Casillas selama Piala Dunia 2014 bisa dibilang tidak sesuai harapan. Hanya dalam dua laga, gawang Casillas bobol sebanyak tujuh kali, lima oleh Belanda dan dua oleh Cile.

Casillas pun sempat melakukan blunder saat menghadapi Belanda. Gol keempat Belanda yang dicetak Robin van Persie merupakan kesalahan Casillas yang gagal mengontrol bola hasil umpan Sergio Ramos. Van Persie berhasil merebut bola dan dengan mudah mencetak gol ke gawang yang sudah kosong.

Meskipun melakukan kesalahan, pelatih Vicente del Bosque tetap mempertahankan Casillas sebagai kiper utama. "Jika sebuah tim kalah, maka itu bukan karena kesalahan satu pemain. Kekalahan terjadi karena adanya kelemahan dari seluruh skuad," tandas Del Bosque.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Marca
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com