Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pepe Dikartu Merah, Jerman Ungguli Portugal 3-0

Kompas.com - 16/06/2014, 23:50 WIB
Ferril Dennys

Penulis

SALVADOR, KOMPAS.com — Tim nasional Jerman unggul 3-0 atas Portugal pada babak pertama laga penyisihan Grup G Piala Dunia di Arena Fonte Nova, Salvador, Senin (16/6/2014). Portugal harus bermain dengan 10 pemain menyusul kartu merah yang diterima Pepe pada menit ke-37.  

Kedua pelatih sama-sama menggunakan formasi 4-1-4-1. Di kubu Jerman, pelatih Joachim Loew mengeplot Mesut Oezil sebagai ujung tombak. Sementara Mario Goetze dan Thomas Mueller sebagai penyerang sayap.

Pelatih Portugal, Paulo Bento, mengandalkan Hugo Almeida untuk membongkar pertahanan Der Panzer. Almeida akan dibantu Cristiano Ronaldo dan Nani yang memiliki kecepatan dan skill luar biasa.

Portugal memberikan ancaman pertama melalui penetrasi Ronaldo di sisi kiri pertahanan Jerman. Pemain Real Madrid tersebut kemudian memberikan bola kepada Hugo Almeida. Namun, bola hasil tembakan Almeida masih terlalu lemah sehingga tak menyulitkan kiper Manuel Neuer menangkap si kulit bulat.

Ronaldo kembali melepaskan ancaman melalui sepakan keras yang dilepaskannya pada menit kedelapan. Beruntung, Neuer masih bisa menepis bola.

Di balik tekanan tersebut, Jerman memiliki peluang emas dari tembakan Sami Khedira. Gelandang Real Madrid tersebut berhasil mendapatkan bola dari kesalahan kiper Rui Patricio membuang bola. Namun, Khedira harus gigit jari karena bola hasil tembakannya melenceng meskipun gawang Portugal sudah kosong.
 
Gawang Rui Patricio pun akhirnya benar-benar kebobolan pada menit ke-12. Wasit Milorad Mazic menunjuk titik putih setelah Mario Goetze dijatuhkan Joao Pereira. Thomas Mueller yang maju sebagai algojo berhasil melepaskan tembakan ke sisi kiri yang tak mampu dibendung Patricio.

Portugal berusaha mencetak gol balasan. Nani mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, bola tembakan Nani masih melambung di atas mistar gawang Jerman.

Belum sempat memberikan ancaman tambahan, Portugal harus kehilangan Hugo Almeida pada menit ke-28. Almedia mengalami cedera sehingga posisinya digantikan Elder.

Ironisnya, pelatih Portugal, Paulo Bento, harus kembali menyaksikan gawang timnya kebobolan pada menit ke-32. Kali ini, Patricio gagal membendung tandukan Mats Hummels, setelah memanfaatkan sepak pojok Toni Kroos. Ini merupakan gol ketiga Hummels bersama timnas Jerman. Uniknya, semua gol yang diciptakan Hummels melalui tandukan.

Portugal kembali mendapat pukulan telak setelah dikartumerahkannya Pepe. Pepe melanggar Mueller pada menit ke-37. Pemain Real Madrid tersebut melakukan tindakan tidak suportif dengan memprovokasi Mueller.

Jerman berhasil memanfaatkan kesempatan ini dengan gol yang diciptakan Mueller pada menit ke-45+1. Pemain Bayern Muenchen tersebut berhasil mendapatkan bola dari Kross. Mueller kemudian melepaskan tembakan dan gol. Gol ini membuat Jerman unggul 3-0 pada babak pertama. 

Susunan Pemain
Jerman: 1-Manuel Neuer; 20-Jerome Boateng, 17-Per Mertesacker, 5-Mats Hummels, 4-Benidikt Howedes; 16-Philipp Lahm, 6-Sami Khedira, 18-Toni Kroos, 8-Mesut Oezil, 19-Mario Gotze; 13-Thomas Mueller
Pelatih: Joachim Loew

Portugal: 12-Rui Patricio; 5-Fabio Coentrao, 21-Joao Pereira, 3-Pepe, 2-Bruno Alves; 8-Joao Moutinho, 16-Raul Meireles, 4-Migeul Veloso; 17-Nani, 7-Cristiano Ronaldo, 9-Hugo Almeida (Eder 27)
Pelatih: Paulo Bento

Wasit: Milorad Mazic
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com