Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Bonus Juara, Spanyol Kalahkan Brasil-Jerman

Kompas.com - 06/06/2014, 06:39 WIB
Ferril Dennys

Penulis


MADRID, KOMPAS.com — Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) menjanjikan bonus besar seandainya La Furia Roja menjuarai Piala Dunia 2014. Hal tersebut sesuai kesepakatan antara kapten Iker Casillas, wakil kapten Xavi, dan Sekretaris Umum RFEF Jorge Perez.  

Bonus ini ialah untuk memotivasi Iker Casillas dan kawan-kawan agar bisa memenuhi ambisi Spanyol untuk dua kali beruntun menjuarai Piala Dunia.

Spanyol akan diganjar bonus total sebesar 27 juta euro (Rp 323 miliar) atau meningkat 37 persen dari bonus pada Piala Dunia 2010 dan para pemain akan mendapatkan 20 persen bonus lebih banyak dibanding empat tahun lalu.  

Setiap pemain dan staf teknik akan diguyur bonus 720.000 euro atau sekitar Rp 11,6 miliar. Nilai bonus tersebut lebih besar daripada yang diterima pemain Brasil dan Jerman jika menjuarai Piala Dunia. Brasil dijanjikan bonus sebesar 330.000 euro (sekitar Rp 5,3 miliar) dan Jerman mendapatkan bonus 300.000 euro (sekitar Rp 4,8 miliar).

Salah seorang politisi mengkritik besarnya bonus bagi Iker Casillas dan kawan-kawan. "Spanyol akan mendapatkan bonus dua kali lebih besar dari Jerman jika menjuarai Piala Dunia. Apakah kita dua kali lebih kaya seperti Jerman?" tulis politisi tersebut di akun Twitter-nya.

Namun, pelatih Vincete del Bosque tak mempermasalahkan besarnya bonus yang akan diterima timnya. "Kami ingin semuanya transparan. Mudah-mudahan, kami juara," kata Del Bosque.

Sementara itu, Juan Mata mengaku tak memikirkan bonus tersebut. "Aku bermain dengan impian yang sama sejak aku kecil, yakni menjuarai Piala Dunia. Aku tidak berpikir soal lain. Bukan wewenangku untuk memutuskan apakah bonus itu dipublikasikan atau tidak," ujar Mata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com