Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Risau Tak Ada Falcao...

Kompas.com - 03/06/2014, 20:53 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis

Sumber FIFA
BOGOTA, KOMPAS.com - Tim nasional Kolombia dipastikan tidak bisa diperkuat striker Radamel Falcao di Piala Dunia 2014. Falcao dianggap tidak akan pulih total dari cedera ligamen lutut yang dialaminya sejak Januari lalu.

Publik Kolombia mulai khawatir dengan performa pasukan Jose Pekerman tanpa kehadiran Falcao di Piala Dunia 2014. Pasalnya, Falcao merupakan pencetak gol terbanyak Kolombia di babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Amerika Selatan, dengan torehan sembilan gol.

Lini depan Kolombia kini hanya bisa mengandalkan Jackson Martinez (FC Porto), Teofilo Gutierrez (River Plate), Carlos Bacca (Sevilla), dan Adrian Ramos (Borussia Dortmund). Bisakah keempat striker tersebut menggantikan peran Falcao?

Jika menilik performa keempat penyerang itu bersama klubnya masing-masing, para pendukung Kolombia seharusnya tidak khawatir. Martinez, Bacca, dan Ramos terbukti tokcer tampil konsisten. Mungkin, hanya Gutierrez yang kurang tajam bersama River Plate dengan hanya mencetak lima gol dalam 25 pertandingan.

Martinez menjalani musim mengagumkan bersama Porto pada musim 2013-14. Bermain sebanyak 30 pertandingan liga, bomber berusia 27 tahun itu mampu menghasilkan 20 gol untuk pasukan Do Dragao.

Sementara Bacca, bisa dibilang baru menjalani musim yang baik di Sevilla. Tampil untuk pertama kalinya di Primera Division, Bacca sudah menghentak publik Spanyol dengan sukses mencetak 14 gol dari 35 pertandingan.

Terakhir, performa Ramos bersama Hertha Berlin dengan menceploskan 16 gol dari 24 pertandingan, tidak bisa dipandang sebelah mata. Buktinya, Ramos mampu memikat hati Borussia Dortmund yang memutuskan menggaetnya mulai musim depan.

Harapan para pendukung Kolombia dengan ketidakhadiran Falcao memang cukup wajar. Namun, Martinez dkk tentu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan unjuk gigi di Piala Dunia 2014. Apalagi, mumpung tidak ada El Tigre (julukan Falcao) di lini depan Kolombia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber FIFA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com