Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hodgson: Rooney Buktikan Komitmennya untuk Inggris

Kompas.com - 23/05/2014, 01:29 WIB
Ferril Dennys

Penulis

ALMANCIL, KOMPAS.com -- Penyerang Manchester United, Wayne Rooney, tidak tampil pada tiga laga terakhir Premier League 2013-2014 karena mengalami cedera pada pangkal paha. Rooney masih dalam masa pemulihan dan diperkirakan tidak bisa tampil pada fase grup Piala Dunia 2014 Brasil.

Rooney melakukan latihan pribadi supaya bisa berada dalam kondisi fisik terbaik saat Piala Dunia 2014 Brasil dimulai. Meski begitu, publik Inggris tetap khawatir Rooney tak bisa tampil maksimal dan berharap pelatih tim nasional Inggris, Roy Hodgson, mempertimbangkan mencari penyerang alternatif.

Hodgson memahami kekhawatiran publik. Namun, menurut dia, Rooney telah menunjukkan komitmen dan kemajuan signifikan dalam pemulihan cederanya pada sesi latihan Senin (19/5/2014).

"Wayne menyadari kualitasnya dan ia tahu bahwa kita, sebagai negeri sepak bola, menumpukan harapan kepadanya. Ia tahu bahwa mata publik Inggris, jika bukan mata dunia, tertuju kepadanya. Ia akan melakukan segala yang ia bisa untuk memastikan bahwa ia memberikan yang terbaik," ujar Hodgson.

"Para pemain mendapatkan libur selama sepekan dan ia berlibur di sini, di Portugal, dan berlatih (pada masa libur itu). Ia memastikan telah mengatasi cederanya dan berkata kepada saya, 'Ketika Anda tiba pada hari Senin dan aku bertemu Anda (di tempat latihan), aku ingin berada dalam kondisi sepenuhnya siap berlatih.' Tepat seperti itulah yang terjadi," ujar Hodgson.

"Wayne kecewa ketika saya tidak memasukkannya dalam program latihan. Porsi latihan menembak dalam progam itu banyak dan menurut saya, saya harus menjaga kondisinya. Jika semua bergantung kepada dirinya, ia akan mengikuti latihan, melepaskan tembakan sebanyak pemain lain. Namun, ia tampak sangat bagus."

"Tidak memanggil pemain senior atau pemain yang sering bermain merupakan untuk mengikuti latihan merupakan keputusan kami karena kami tak ingin terlalu dini memberikan tekanan fisik besar kepada mereka. Sesi latihan selama tiga hari ini berjalan sangat baik. Jika keadaannya tetap begitu dalam dua hari lagi, saya akan sangat gembira," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com