Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatih Australia Terpaksa Tinggalkan Kapten Lucas Neill

Kompas.com - 07/05/2014, 02:53 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Australia Ange Postecoglou tidak memasukkan nama kapten Lucas Neill dalam skuad sementara untuk Piala Dunia 2014, yang berisi 30 pemain. Menurut Postecoglou, ia terpaksa meninggalkan Neill karena Neill tidak bermain reguler sehingga akan sangat sulit mencapai level permainan dan fisik prima tepat pada waktunya.

Neill tidak bermain reguler sejak tidak mendapatkan perpanjangan kontrak dari Omiya Ardija pada November 2013. Neill akhirnya baru mendapatkan klub baru pada Februari 2014, yaitu Watford.

Ia dikontrak Watford hingga akhir musim ini, tetapi karena tidak mendapatkan jam terbang reguler, Neill pindah ke Doncaster Rovers pada Maret 2014. Neill mendapatkan jatah bermain lebih baik di Doncaster, tetapi itu tetap dinilai tidak cukup oleh Postecoglou.

"Pada akhirnya, saya harus memutuskan tidak berdasarkan catatan baru-baru ini, tetapi catatan enam bulan terakhir, berkaitan dengan performa dan kebugaran. Tak ada cukup bukti bagi saya untuk mengatakan ia bisa menyiapkan diri untuk Piala Dunia. Ini adalah kombinasi antara kurangnya jatah bermain reguler dan masalah-masalah kecil yang ia alami menjadi dasar keputusan saya," ujar Postecoglou.

"Saya sudah bicara dengan Lucas mengenai skuad Piala Dunia dan jelas sebelum saya mengumumkan skuad berisi 30 orang itu pekan depan, saya berpikir penting bagi saya untuk bicara dengannya secara langsung."

"Saya menyampaikan kepadanya bahwa ia tak masuk skuad berisi 30 orang itu, sesuai perspektif saya untuk menghormati kenyataan bahwa ia adalah kapten selama enam tahun dan kapten pada kampanye Piala Dunia sejauh ini," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com