Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madrid Tak Boleh Hanyut dalam Euforia!

Kompas.com - 24/04/2014, 17:32 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Real Madrid mengawali kampanye meraih la decima alias gelar ke-10 di pentas Liga Champions dengan hasil yang bagus. Pada leg pertama kompetisi paling elite antarklub Eropa tersebut di Santiago Bernabeu, Rabu (23/4/2014), Los Blancos menang 1-0 atas Bayern Muenchen yang berstatus juara bertahan, lewat gol Karim Benzema.

Meskipun demikian, Madrid masih harus bekerja keras ketika menyambangi Allianz Arena untuk melakoni leg kedua pada Selasa (29/4). Mereka harus fokus menghadapi laga tersebut agar peluang ke final yang sudah terbuka lebar bisa digapai.

Untuk itu, penjaga gawang Iker Casillas meminta rekan-rekannya agar tak hanyut dalam euforia, karena kemenangan tipis tersebut belum menjadi jaminan. Kapten Madrid dan tim nasional Spanyol tersebut memperingatkan kepada para jugador El Real agar siap menghadapi pertandingan di Muenchen, yang disebutnya sebagai final pertama sebelum menjejakkan kaki di Lisabon yang menjadi tempat perhelatan partai puncak Liga Champions musim ini.

"Skor itu positif tetapi tidak pasti. Kami tidak bisa berpikir bahwa kami sudah mengamankan jalan kami," ujar Casillas, yang melakukan satu penyelamatan gemilang menjelang akhir pertandingan, ketika menepis tendakan Mario Goetze dari dalam kotak penalti.

"Final pertama adalah Selasa depan (leg kedua). Marilah kita membendung emosi hari ini, dan berpikir tentang hari Sabtu (pertandingan La Liga melawan Osasuna)," tambahnya kepada AS.

"Final pertama Liga Champions di Muenchen."

"Ini hasil yang bagus untuk kepentingan kami tetapi kami belajar dari pertandingan melawan Borussia Dortmund. Akan butuh usaha yang lebih besar dan kami harus melakukan persiapan untuk laga mendatang pada hari Selasa."

"Mereka mengontrol bola tetapi kami mendapatkan gol dari Karim dan sejumlah peluang. Pendekatan kami berbeda dan saya tidak berpikir akan ada banyak perbedaan antara pertandingan ini dan hari Selasa."

Casillas pun tak mau membesar-besarkan aksinya ketika membendung tendangan Goetze. Menurutnya, yang paling penting adalah mereka harus fokus untuk meraih kemenangan.

"Itu bukan sebuah penyelamatan yang penting tetapi ketika bermain di semifinal Piala Eropa, itu memberikan hal yang lebih penting," ujar Casillas, yang menjadi pilihan kedua di pentas La Liga.

"Hal yang bagus adalah gawang kami tidak kebobolan. Karena itu, mereka akan menyerbu dan menyerang kami habis-habisan. Kami memiliki waktu enam hari untuk melakukan persiapan menghadapi pertandingan itu, tetapi pertama harus melawan Osasuna. Kami akan mencoba beristirahat karena kami masih hidup."

"Saya pikir kami membutuhkan kemenangan (di Muenchen). Jika anda bermain imbang, anda mungkin tidak mencapai final. Kami sebaiknya menang dan tidak berspekulasi."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com