Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Naik ke Peringkat 158 FIFA, Masih di Bawah Laos

Kompas.com - 13/02/2014, 17:55 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) merilis daftar peringkat terbaru tim-tim nasional negara anggotanya di seluruh dunia, Kamis (13/2/2014). Indonesia mengalami sedikit peningkatan karena naik tiga strip, sehingga kini menempati posisi ke-158 dengan raihan 135 poin.

Meski demikian, Indonesia masih berada di bawah sejumlah negara ASEAN, termasuk Laos, yang tradisi sepak bolanya tidak sekuat di Tanah Air. Laos saat ini berada di peringkat ke-156 dengan poin 146, turun tiga peringkat. Sementara itu Malaysia dan Singapura sama-sama mengumpulkan total 152 poin dan ada di urutan ke-150.

Thailand juga mengalami peningkatan karena Negeri Gajah Putih itu kini berada di posisi ke-147. Filipina menjadi negara ASEAN dengan peringkat tertinggi karena menempati urutan ke-127 dengan raihan 219 poin, disusul Myanmar yang turun satu strip ke urutan ke-130 (200) serta Vietnam di peringkat ke-143. Praktis, Indonesia hanya di atas Kamboja (189), Brunei Darussalam (190), dan Timor Leste (190).

Dari level dunia, Spanyol masih kokoh di posisi puncak. La Furia Roja mengumpulkan total 1506 poin, jauh mengungguli rival terdekatnya, yakni Jerman, yang meraih 1314 poin. Peringkat ketiga ditempati Argentina. Tiga negara teratas ini tak mengalami perubahan posisi.

Sementara itu Portugal naik ke urutan keempat, menggeser Kolombia. Swiss pun naik dua peringkat ke urutan keenam, mengalahkan Uruguay dan Italia, yang turun satu strip ke posisi ketujuh dan kedelapan.

Negara yang posisinya turun paling drastis ada Mali karena terlempar 19 strip dan kini berada di urutan ke-59. Togo pun demikian, di mana mereka turun 19 posisi ke urutan ke-90

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com