Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

City Vs Arsenal, Jalan Terjal Meriam London

Kompas.com - 14/12/2013, 09:07 WIB
Ary Wibowo

Penulis

MANCHESTER, KOMPAS.com — Arsenal akan menghadapi ujian berat saat bertandang ke Stadion Etihad, markas Manchester City pada lanjutan Premier League, Sabtu (14/12/2013). Laga ini berpotensi menjadi jalan terjal bagi skuad Meriam London dalam kuda pacu perebutan gelar juara Premier League.

Arsenal hingga saat ini memang masih berada di puncak klasemen sementara Premier League dengan perolehan poin 35, unggul lima angka dari Liverpool dan Chelsea di peringkat dua dan tiga. Sementara itu, The Citizens membuntuti di posisi keempat dengan poin 29.

Namun, dari dua laga terakhir, Arsenal terlihat mengalami penurunan performa. Arsenal harus puas ditahan imbang Everton 1-1 pada lanjutan Premier League pekan lalu. Setelah itu, giliran Napoli yang sukses mempermalukan Arsenal seusai menang dua gol tanpa balas di fase terakhir grup Liga Champions.

"Sejujurnya, jika Anda memberikan saya kesempatan, saya tidak akan melakukannya seperti itu. Tetapi, saya tidak bisa mengeluh. Itu bukan alasan bagi kami. Ini (melawan City) akan menjadi kesempatan lain untuk menunjukkan kami mempunyai mental yang kuat untuk menghadapi mereka," ujar pelatih Arsenal, Arsene Wenger.

Sebaliknya, kepercayaan dan motivasi tinggi tengah menyelimuti kubu lawan. Kemenangan 3-2 setelah sempat tertinggal lebih dulu dari Bayern Muenchen pada Liga Champions tentunya bakal melecut semangat Alvaro Negredo dan kawan-kawan untuk mereduksi jarak dengan Arsenal di papan atas klasemen.

Belum lagi melihat rekor sempurna City ketika bermain di kandang sepanjang musim ini di Premier League. The Citizens sukses melahap tujuh pertandingan kandang dengan kemenangan. Skuad asuhan Manuel Pellegrini itu juga saat ini tercatat menjadi tim terproduktif dengan surplus 29 gol.

"Ini adalah kesempatan kami untuk mendapatkan tiga poin penting melawan tim terbaik di Premier League saat ini. Bagi Arsenal dan tim saya, ini adalah pertandingan yang sangat penting," kata Pellegrini.

Sementara itu, berkaca pada enam pertemuan terakhir kedua tim, City juga lebih unggul karena mampu meraih tiga kemenangan, sedangkan Arsenal hanya menang dua kali dan satu laganya berakhir imbang.

Satu-satunya masalah yang bakal sama dihadapi kedua kubu adalah proses pemulihan kondisi fisik pemain yang terkuras karena padatnya jadwal pertandingan Eropa dan domestik. Maklum, Arsenal dan City saat ini mau tidak mau hanya mempunyai waktu pemulihan sekitar dua hari sebelum saling berhadapan di Etihad.

"Mereka bermain satu hari setelah pertandingan kami di Liga Champions. Mungkin level pertandingan tidak sama. Tapi, saya tidak berpikir itu akan menjadi keuntungan atau hal yang bisa memutuskan laga. Saya pikir cara kedua tim bermain akan lebih penting untuk menentukan siapa yang keluar sebagai pemenang," kata Pellegrini.

Siaran langsung
BEIN SPORT 3 pukul 19.00 WIB

Prakiraan susunan pemain
Man City: Pantillimon; Clichy, Kompany, Demichelis, Zabaleta; Nasri, Fernandinho, Toure, Navas; Aguero, Negredo
Pelatih: Manuel Pellegrini

Arsenal: Szczesny; Jenkinson, Koscielny, Mertesacker, Gibbs; Ramsey, Arteta, Wilshere, Oezil, Cazorla; Giroud
Pelatih: Arsene Wenger

Kemungkinan Absen:
Man City: Stevan Jovetic, Matija Nastasic (cedera), Micah Ricards (diragukan)
Arsenal: Abou Diaby, Yaya Sanogo, Bacary Sagna, Lukas Podolski, Ryo MIyaichi, Alex Oxlade-Chamberlain (cedera)

Enam duel terakhir
10/8/2013 - Manchester City 1-3 Arsenal (persahabatan)
13/1/2013 - Arsenal 0-2 Manchester City (Premier League)
23/9/2012 - Manchester City 1-1 Arsenal (Premier League)
27/7/2012 - Arsenal 0-2 Manchester City (persahabatan)
8/4/2012 - Arsenal 1-0 Manchester City (Premier League)
18/12/2011 - Manchester City 1-0 Arsenal (Premier League)

Performa lima laga terakhir
Man City: M-S-M-M-M
Arsenal: K-S-M-M-M

Prediksi
Bwin: 1,75 - 3,75 - 4,25
William Hill: 1,83 - 3,40 - 4,50
Kompas Bola: 53 - 47

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com