Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kebijakan Transfer Real Madrid Tak Fair"

Kompas.com - 13/12/2013, 18:36 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Ottmar Hitzfeld mengkritik kebijakan transfer Real Madrid. Pasalnya, raksasa Liga Spanyol itu tetap nekat mendatangkan banyak pemain berbakat dengan harga tinggi, walaupun kondisi keuangannya sedang buruk yang terlihat dari jumlah utang.

Presiden Madrid, Florentino Perez, telah mengungkapkan utang klub yang menurutnya turun 27,4 persen pada tahun lalu menjadi 90,6 juta euro (sekitar Rp 1,492 triliun). Akan tetapi, seorang anggota klub mengklaim jika angka tersebut tidak akurat karena yang sebenarnya, utang Madrid masih 541 juta euro (sekitar Rp 8,912 triliun).

Meski terlilit utang yang begitu besar, Madrid justru membuat rekor pembelian pemain termahal di dunia, Gareth Bale, juga Isco dan Asier Illarramendi pada musim panas yang baru lalu. Inilah yang membuat Hitzfeld merasa tidak senang.

"Ini hal yang tak bisa diterima. Saya tak memahami bagaimana mereka bisa memiliki utang yang sangat banyak," ujar mantan manajer Bayern Muenchen tersebut kepada Futbol Tactico Magazine pada pekan ini.

"Tampaknya tidak fair bahwa Madrid bisa membeli para pemain itu dengan kondisi utang yang banyak saat ini. Ini benar-benar tak adil."

"Bayern Muenchen merupakan klub yang sehat, yang tak memiliki utang, tetapi hanya akan membeli pemain yang mereka bisa, sesuai dengan potensi ekonominya, dan mereka telah membayar dalam jumlah yang besar dalam beberapa tahun terakhir."

Hitzfeld, yang saat ini adalah pelatih kepala tim nasional Swiss, menambahkan bahwa apa yang dilakukan Bayern tak membuat mereka harus berutang. "Namun mereka tak pernah berutang uang kepada organisasi apapun atau klub. Kompetisi antara tim tidak berimbang," pungkas pria asal Jerman tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com