Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arsenal Vs Southampton: Tanda Tanya Kualitas Domestik

Kompas.com - 23/11/2013, 05:56 WIB
Oleh Gita Suwondo

KOMPAS.com —Southampton jelas adalah fenomena anyar Barclays Premier League. Sebelas minggu awal,  Southampton berada di urutan ketiga klasemen, yang artinya menembus zona Liga Champions, baru satu kali kalah dan hanya kebobolan lima gol, bahkan terbaik kedua di Eropa, setelah AS Roma di Serie-A.

Apa modal mereka? Pembelian pemain yang mumpuni? Tidak juga. Pembelian mereka yang paling dahsyat musim ini, Pablo Osvaldo, dari AS Roma, justru tidak menunjukkan kinerja yang berarti terhadap meroketnya prestasi anak asuhan Mauricio Pochettino ini.

Justru Adam Lallana di tengah, Jay Rodriguez di posisi penyerang lubang, dan Rickie Lambert di depan yang sangat signifikan kontribusinya. Hasilnya, adalah pemanggilan mereka oleh Roy Hodgson ke kubu The Three Lions untuk laga persahabatan melawan Cile dan Jerman di jeda kompetisi domestik. 

Positifnya adalah di tengah liga terkaya di dunia yang banyak dihuni kualitas asing masih muncul tiga nama domestik tersebut, ditambah Daniel Sturridge, Andros Townsend, dan nantinya kemungkinan Ravel Morrison bagi timnas Inggris.

Negatifnya adalah kualitas  domestik yang dianggap jadi fenomena awal musim 2013/14 ini tidak bisa memberikan sesuatu yang membuat The Three Lions menyalak. Dua kekalahan melawan Cile dan Jerman tanpa memasukkan satu gol pun jadi tanda tanya apakah BPL justru hanya menghasilkan tontonan yang dinanti-nanti tanpa kontribusi berarti bagi timnas tuan rumahnya.

Well, apa pun, lanjutan minggu ke-12 BPL minggu ini tetap dengan tanda tanya masyarakat Inggris apakah timnasnya akan bisa bersaing tujuh bulan lagi di Brasil. Sorotan pasti ditujukan ke klub dengan jumlah pemain lokal terbanyak seperti pasukan dari St Mary Stadium ini saat tandang ke Emirates.

Ini laga yang menarik mengingat adanya Kieran Gibbs dan Jack Wilshere di kubu The Gunners dengan dikelilingi oleh para legiun asing menjamu Soton dengan enam pemain lokalnya.  Menarik ditunggu apakah Nathaniel Clyne, Luke Shaw, Jay Rodrigues, James Ward-Prowse, Adam Lallana, dan Rickie Lambert bisa mengatasi tekanan lapangan tengah Arsenal yang mumpuni. 

Mikel Arteta, Mathieu Flamini, Santi Cazorla, Mesut Oezil akan memberikan ujian tersendiri bagi talenta lokal Inggris ini, bahwa persaingan di tingkat dunia sudah harus mereka hadapi sekarang. Menilik racikan strategi Pochettino yang selalu menekan di sepertiga lapangan permainan lawan, akan menjadi pertarungan menarik di lapangan tengah jika talenta domestik milik Arsene Wenger seperti Jack Wilshere bisa menjawab tantangan itu.

ARSENAL 55 – 45 SOUTHAMPTON

Gita Suwondo adalah beIN SPORT Football Expert. Analisis Gita Suwondo untuk laga berikutnya pekan ini bisa disaksikan di beIN SPORT 1.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Kolom Gita Suwondo
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com