Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Martino: Kita Menuntut Terlalu Banyak dari Messi

Kompas.com - 07/11/2013, 01:07 WIB
BARCELONA, KOMPAS.com — Pelatih Barcelona, Gerardo "Tata" Martino, mengatakan, orang-orang menuntut terlalu banyak dari Messi sehingga menilai ada masalah ketika Messi tak mencetak gol. Martino sendiri mengaku tak khawatir melihat Messi tak mencetak gol dalam sejumlah laga terakhir.

"Semua hal tentang Messi ini muncul karena kita tak pernah melihatnya melakoni empat pertandingan tanpa mencetak gol. Kita menuntut terlalu banyak darinya dan ketika ia melakoni empat laga tanpa mencetak gol, kita lupa akan assist yang ia berikan kepada Cesc Fabregas pada laga melawan Celta Vigo (29/10/2013) dan golnya ke gawang AC Milan (22/10/2013)," ujar Martino.

"Berdasar sudut pandang saya, saya tak melihat ada krisis, tetapi dari apa yang saya dengar dan baca, kami berada dalam krisis. Selalu ada kesempatan untuk menjadi lebih baik dan kami selalu bisa bermain lebih baik. Itu jelas. Barcelona membutuhkan alternatif jika ingin terus mengecewakan lawan dan juga supaya lawan tak punya gambaran (soal kekuatan Barcelona)."

Mengenai pertandingan keempat grup Liga Champions melawan AC Milan, yang tak pernah menang dalam tiga laga terakhirnya, Martino mengatakan, "Kami juga berada dalam krisis. Menurut saya, tak ada perbedaan besar (antara Barcelona dan Milan), dalam hal itu, menurut saya, (Barca dan Milan) sama."

"Saya tak tahu apa yang bisa terjadi ketika kami kalah. Saya telah melihat sejumlah film perang untuk mendapatkan gagasan itu. Tentu, itu akan terjadi. Saya tak bisa membayangkan mengalami krisis tanpa mengalami kekalahan. Namun, keindahan sebuah tim tak bisa dihitung dari jumlah umpan," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Marca
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com