"Hattrick" Lewandowski Warnai Pesta Gol Dortmund

Kompas.com - 02/11/2013, 04:25 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com — Borussia Dortmund pesta gol ke gawang VfB Stuttgart dalam lanjutan pertandingan Bundesliga, Jumat (1/11/2013) waktu setempat atau Sabtu (2/11/2013) dini hari WIB di Signal Iduna Park. Tuan rumah menang 6-1 dan Robert Lewandowski mencetak hattrick dalam laga tersebut.

Dengan kemenangan ini, Dortmund untuk sementara memuncaki klasemen sementara Liga Jerman dengan raihan 28 poin dari 11 pertandingan yang sudah dilakoni. Mereka menggeser Bayern Muenchen, yang baru akan bermain pada Sabtu malam ini menghadapi tuan rumah Hoffenheim. Dortmund unggul dua angka atas rival beratnya tersebut.

Kemenangan ini pun bakal menjadi bekal yang bagus bagi Lewandowski dan kawan-kawan untuk menyambut klub Premier League, Arsenal. Pasalnya, Dortmund akan menjamu The Gunners pada Selasa (5/11/2013), pada matchday keempat penyisihan grup Liga Champions.

Bermain di hadapan lebih dari 80.000 suporternya, Dortmund sempat dikejutkan oleh gol sundulan Karim Haggui pada menit ke-13, memanfaatkan umpan tendangan pojok. Tetapi hanya berselang enam menit, Dortmund bisa membalasnya, juga lewat sundulan Sokratis Papastathopoulos menyambut umpan tendangan pojok.

Gol penyama membuat permainan Dortmund kian agresif. Alhasil, tim besutan Juergen Klopp ini bisa menambah gol pada menit ke-22 lewat gelandang andalannya, Marco Reus. Reus lebih dulu melewati hadangan beberapa pemain Stuttgart, sebelum melepaskan tendangan keras dengan kaki kirinya ke pojok kiri gawang tanpa bisa dihalau kiper tim tamu.

Memasuki babak kedua, Dortmund terus bermain agresif untuk menambah gol sehingga bisa menjauh dari ancaman Stuttgart. Robert Lewandowski membuat publik tuan rumah bersorak kegirangan karena dia berhasil menjebol gawang Stuttgart pada menit ke-54. Striker Polandia ini memanfaatkan umpan back-heel Reus yang mendapat kawalan dari dua bek lawan.

Hanya berselang dua menit, Lewandowski kembali mencatatkan namanya di papan skor. Striker yang sempat membuat kubu Dortmund marah karena keinginannya pindah ke Bayern Muenchen ini dengan jeli memanfaatkan umpan lambung dari sektor tengah, karena setelah melewati hadangan bek kanan, dia melepaskan tembakan ke sudut kanan atas gawang. Dortmund unggul 4-1.

Dortmund belum berhenti pesta gol. Pada menit ke-73, finalis Liga Champions ini kembali membobol gawang Stuttgart, dan lagi-lagi Lewandowski yang menjadi mimpi buruk lawan dengan hattrick yang dilakukannya dalam pertandingan tersebut. Peluang gol diciptakan oleh  Jakub "Kuba" Blaszczykowski karena tendangan kompatriot Lewandowski ini dari sektor kanan membentur tiang gawang. Bola rebound dengan mudah disambar Lewandowski.

Stuttgart mengalami mimpi yang sangat buruk dalam lawatannya ke markas Dortmund karena mereka menjadi lumbung gol tuan rumah. Pada menit ke-81, gol kembali tercipta dan kali ini Pierre-Emerick Aubameyang yang masuk menggantikan Reus, membuat tuan rumah unggul 6-1.

Lewandowski mengirim umpan silang dari sektor kiri kepada Aubameyang, yang lebih dulu mengontrol si kulit bundar sebelum melakukan tendangan lob untuk memperdaya kiper Stuttgart, Ulreich, yang berusaha menutup ruang tembak. Skor itu bertahan sampai laga usai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com