Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Greenpeace Ancam Basel

Kompas.com - 02/10/2013, 22:30 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

BASEL, KOMPAS.com - Tim Swiss FC Basel dihadapkan kemungkinan sanksi dari UEFA akibat aksi organisasi Greenpeace dalam laga kontra Schalke 04 di Stadion St Jakob-Park, Selasa (1/10/2013) malam waktu setempat atau Rabu (2/10/2013) dini hari WIB. Pertandingan sempat tertunda empat menit karena beberapa pemrotes dari Greenpeace mengibarkan spanduk dari atap stadion.

Aksi tersebut ditujukan untuk Gazprom, perusahaan energi Rusia yang menjadi sponsor Schalke. Dalam spanduk berwarna kuning tersebut tertulis "Gazprom, Don't Foul The Arctic" (Gazprom, Jangan Ganggu Arktik). Komunitas pencinta lingkungan ini menentang rencana Gazprom untuk menggali minyak di daerah Arktik.

Akibat aksi tersebut, wasit Alberto Mallenco menghentikan pertandingan. Barulah setelah jeda 5 menit, spanduk tersebut dicopot dan para pemrotes yang turun dari atap dengan tali segera diamankan.

UEFA sudah mengonfirmasi kemungkinan tindak disiplin untuk Basel. Namun asosiasi sepak bola Eropa tersebut masih menunggu laporan lengkap delegasi pertandingan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com