Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mou: Moyes Pantas Disalahkan soal Rooney

Kompas.com - 26/08/2013, 14:34 WIB
Ary Wibowo

Penulis

Sumber Goal.com
MANCHESTER, KOMPAS.com — Pelatih Chelsea, Jose Mourinho, menilai arsitek Manchester United (MU), David Moyes, pantas disalahkan mengenai situasi Wayne Rooney. Menurutnya, Rooney tidak betah di MU karena Moyes.

Media terus berspekulasi tentang Rooney setelah Mei lalu meminta kepada Sir Alex Ferguson (manajer lama) untuk dijual. Kehadiran Moyes sebagai manajer baru dinilai akan mempercepat kepergian Rooney. Terlebih lagi, keduanya tak memiliki hubungan yang baik ketika masih sama-sama di Everton.

Moyes pun sempat mengisyaratkan akan menepikan Rooney demi Robin van Persie. Menurut Mourinho, pernyataan Moyes tersebutlah yang membuat Rooney semakin tidak betah di Manchester.

"Saya tidak akan mengatakan (kepada Rooney) bahwa dia akan menjadi pilihan kedua. Kami sedang mencoba mendapatkan pemain yang disebut pelatihnya, 'Anda akan menjadi pilihan kedua'. Kami tidak sedang mengincar Van Persie," ujar Mourinho.

"Jika saya mengatakan Ramires adalah pilihan kedua bagi saya, dan dia bermain ketika Lampard lelah atau cedera; jika seseorang datang ke sini untuk memboyong Ramires; tidak ada seorang pun yang sedih," tambahnya.

Ketika kembali ditegaskan apakah Rooney tidak betah di Old Trafford karena pernyataan Moyes tersebut, Mourinho mengatakan, "Tentu saja."

Mourinho melanjutkan, tim mana pun akan sulit mempertahankan pemain yang sudah menyatakan tidak betah di klub. Karena itu, menurut mantan pelatih Real Madrid itu, MU seharusnya melepas Rooney jika ingin membiarkan bomber asal Inggris itu berkembang.

"Di setiap tim besar, saya tidak sedang mengkritisi, Anda harus mempunyai pilihan pertama dan kedua. Kedua pilihan tersebut pun harus pemain yang bagus," katanya.

"Tentu setiap tim besar harus punya pilihan kedua. Poin terpentingnya adalah apakah pemain tersebut senang untuk menerima situasi seperti itu," tambah Mourinho.

Rooney sendiri berkesempatan tampil sebagai pemain starter ketika MU menghadapi Chelsea di Old Trafford, Senin (26/8/2013). Meski begitu, Mourinho mengaku tidak akan terkejut jika hal tersebut benar-benar terjadi.

"Saya bermain melawan mereka tahun lalu (bersama Madrid). Dia (Rooney) juga berada di bangku cadangan, sementara dia (Ferguson) memainkan Van Persie dan Danny Welbeck, serta Shinji Kagawa. Skuad itu luar biasa. Jadi, wajar jika beberapa pemain dijadikan pilihan kedua," tutup Mourinho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Goal.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com