Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Zanetti Sukses

Kompas.com - 02/05/2013, 01:18 WIB

PAVIA, KOMPAS.com - Operasi Achilles tendon yang dijalani kapten Inter Milan Javier Zanetti di kota Pavia dikabarkan situs resmi Inter berjalan dengan sukses.

Zanetti melaksanakan operasi tersebut di Policlinico San Matteo, Pavia, Rabu (1/5/2013) siang waktu setempat, di bawah penanganan Profesor Franco Benazzo dan kepala staf medis Inter Franco Combi. Zanetti mengalami cedera saat bertanding melawan Palermo dan harus diganti saat pertandingan baru berlangsung 17 menit.

"Kami melakukan operasi setelah Zanetti mengalami cedera Achilles yang ditunjukkan oleh hasil X-Ray hari Minggu silam. Kami memperbaikinya menggunakan 'gracills', jaringan tendon lain dari kakinya, yang dimasukkan ke tulang lutut," jelas Benazzo setelah operasi.

"Operasinya berjalan lancar dan berlangsung sekitar satu hingga satu setengah jam dan sekarang Zanetti akan kembali ke ruangannya. Saya berbicara dengan istrinya, Paula, dan semua orang ada di ruang tunggu menanti kabar karena dia sosok yang sangat penting," kata Benazzo. Ia pun menjelaskan waktu yang dibutuhkan pemain asal Argentina itu untuk pulih.

"Kakinya akan diperban selama tiga minggu ke depan dan tidak akan bisa berjalan, lalu ia akan mulai berjalan pada fase kedua proses fisioterapinya. Jika mengacu pada kasus-kasus sebelumnya, seperti ini biasanya mengharuskan absen selama enam bulan," kata Benazzo.

Menurut Benazzo, tim dokter akan meminta Zanetti menginap sampai hari Kamis dan ia akan mendampingi Zanetti kembali ke pemusatan latihan Inter di Appiano Gentile. Ia pun meyakini bahwa kekuatan fisik Zanetti akan membantunya untuk pulih.

"Ia sudah membuktikan sanggup bermain hingga usia 40, dan ia akan membuktikannya lagi. Walau tak akan ada risiko kehilangan kebugaran, tapi massa otot akan sedikit berkurang selama kakinya tak bergerak. Namun, staf kesehatan Inter sudah membuktikan mereka bisa memulihkan pemain-pemain seperti Walter Samuel, Diego Milito, atau pemain-pemain lain yang pernah mengalami cedera lebih buruk dari cedera Achilles. Kekuatan fisik dan mental Zanetti pun akan membantu," pungkas Benazzo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com