Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pires Beri Jokowi Kostum Nomor 10, Basuki Nomor 7

Kompas.com - 28/02/2013, 16:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama siang ini mendapatkan tamu spesial, yaitu pesepak bola legendaris asal Perancis, Robert Pires. Dalam kesempatan itu, mantan pemain Arsenal itu juga memberi hadiah sepasang kostum Arsenal kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Basuki.

Jokowi mendapat jersey menggunakan nama dirinya dengan nomor 10. Adapun Basuki mendapat jersey dengan nomor punggung 7. "Saya pas pertama ketemu, kok kayak pernah lihat di mana ini orang. Hehehe... Untunglah saya pegang trofinya juga," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Kamis (28/2/2013).

Terkait pembicaraannya bersama Pires, Basuki menyampaikan bahwa pada Juli nanti Jakarta akan kedatangan tim dengan julukan "The Gunners" tersebut. Kunjungan Arsenal ke Indonesia itu merupakan bagian dari tur pramusim mereka di Asia.

"Juli nanti full team-nya Arsenal akan datang ke Jakarta. Ya, saya terima kasih saja mereka mau datang ke Jakarta," kata Basuki.

Basuki mengatakan, ia sering melihat aksi Pires melalui televisi. Setiap ada saluran olahraga, ia terkadang melihat pemain Arsenal tahun 1990-2000-an tersebut. Ia juga bangga dapat berfoto bersama Pires dengan mengangkat trofi yang dibawa oleh Pires ke Balaikota.

"Trofinya berat dan berlapis emas, lumayan. Kalau enggak salah, itu trofi yang pernah dimenangi Arsenal menang Liga FA Cup," kata Basuki. Arsenal terakhir kali meraih gelar juara Piala FA pada 2005. Waktu itu, Pires juga ikut bermain di final bersama klub asal London tersebut melawan Manchester United.

Pada akhir kesempatan, Basuki menyatakan sangat senang mendapat kostum dari Pires. Ia sengaja memilih nomor 7 karena nomor itu merupakan nomor kebanggaannya. "Pak Jokowi dapat kaos juga, tulisan Jokowi nomor 10. Saya dapat nomor 7 karena nomor 7 angka kesukaan saya kalau main bola," ujar pria yang akrab disapa Ahok itu.

Untuk mendapatkan kostum bernomor 7 itu, sebelumnya Pires bertanya terlebih dahulu kepada Basuki. Ternyata, nomor kegemaran Basuki sama dengan nomor punggung yang dipakai oleh Pires selama merumput bersama Arsenal. Angka 7 juga menggambarkan nomor urut Partai Indonesia Baru yang membawa Basuki menjadi Bupati Belitung Timur.

"Terus, kalau 7 itu kan angka sempurna. Hari mentok-mentok ada 7 hari, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu. Hehehe... Kalau 7, pas hari Minggu, jadi santai, tidak kerja, enak kan angka 7. Hahaha...," kata Basuki seraya bercanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com