Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pemain Naturalisasi Tambah Motivasi

Kompas.com - 08/11/2012, 12:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Indonesia, Nil Maizar, menyambut baik kedatangan tiga pemain naturalisasi, yakni Tony Cusell Lilipaly, Raphael Guilermo Maitimo, dan Johnny van Beukering untuk bergabung dengan skuad "Garuda".

Menurutnya, ketiga pemain itu dapat memotivasi para penggawa timnas lainnya yang tengah dipersiapkan untuk Piala AFF 2012. Cusell, Guilermo, dan Van Beukering tiba di Indonesia, Rabu (7/11/2012) pukul 20.00 WIB. Pemain naturalisasi asal Belanda tersebut sudah mengikuti pemusatan latihan (training camp/TC) perdana bersama Irfan Bachdim dan kawan-kawan, Kamis (8/11/2012) pagi.

Nil mengatakan, dengan kehadiran ketiga pemain tersebut akan menambah persaingan tempat utama dalam skuad "Merah Putih". Mantan pelatih Semen Padang itu akan melihat kondisi dan performa trio pemain naturalisasi itu lebih dulu.

"Baru kita lihat apakah permainan mereka cocok atau tidak," lanjut Nil di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis.

Dalam latihan perdananya, Tony Cusell, Raphael Guilermo dan Van Beukering hanya melakukan latihan ringan untuk menjaga kebugaran fisik pascaperjalanan udara dari Amsterdam. Menurut Nil, kondisi ketiga pemain itu cukup baik karena sudah berkomunikasi dengan rekan-rekannya dan juga tim pelatih.

"Jadi, niat mereka cukup bagus, harus kita dukung," ucap Nil.

Dengan bergabungnya tiga pemain itu, total sudah 25 pemain berkumpul dalam pelatnas timnas. Namun, dalam latihan pagi hari ini hanya diikuti 23 pemain, karena dua penggawa --Diego Michiels dan Hengky Ardiles-- dikabarkan masih berkutat dengan cederanya.

Pada sela-sela TC tahap III itu, tim "Merah Putih" berencana menghelat dua uji coba melawan Timor Leste dan Kamerun pada 14 dan 16 November 2012. Setelah itu, Oktovianus Maniani dan kawan-kawan akan diistirahatkan hingga menjelang keberangkatannya menuju Malaysia pada 21 November mendatang.

Di Piala AFF 2012 yang akan berlangsung di Malaysia dan Thailand, Indonesia berada di Grup B bersama tuan rumah Malaysia, Singapura, dan Laos. Di pertandingan perdana, timnas akan berhadapan dengan Laos pada 25 November 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com