Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Bisa Bersaing, asal...

Kompas.com - 15/09/2010, 21:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Legenda sepak bola Indonesia, Sarman Panggabean, menilai, pasukan "Merah Putih" mampu bersaing dengan Thailand dan Malaysia di Grup A Piala AFF. Namun, menurutnya, Bambang Pamungkas dkk harus membenahi faktor mental terlebih dahulu.

Hasil undian yang dilakukan di Song Hong Grand Ballroom, Sheraton Hanoi, Vietnam, Rabu (15/9/2010), menempatkan Indonesia berada di Grup A bersama Thailand dan Malaysia. Satu tempat lagi akan diperebutkan oleh Laos, Timor Leste, Kamboja, dan Filipina.

Berada di Grup A bukan perkara yang mudah bagi Indonesia. Pasalnya, Indonesia selalu kesulitan mengahadapi lawan tangguh seperti Thailand.

Pada final 2000 silam, Indonesia harus menyerah 0-2 dari tim "Gajah Putih". Indonesia juga kalah dari Thailand melalui drama adu penalti setelah bermain imbang 120 menit dua tahun kemudian.

Sarman berpendapat, peta kekuatan Indonesia dengan Thailand dan Malaysia tak jauh berbeda. "Anak Indonesia dengan Thailand tidak kalah jauh. Kita enggak di bawah mereka. Kita sejajar," jelas Sarman saat dihubungi Kompas.com, Rabu (15/9/2010).

Meski begitu, Sarman menekankan kepada timnas Indonesia agar membenahi faktor mental. Ia menilai kegagalan Indonesia di pentas internasional selalu disebabkan oleh faktor nonteknis.

"Saya rasa tim kita memiliki teknik yang seimbang dengan lawan-lawannya. Namun, kita suka rendah diri. Kekalahan Indonesia dari Laos pada SEA Games lalu, saya melihatnya disebabkan faktor nonteknis," tukas Sarman.

"Saya berharap pelatih Alfred Riedl bisa memperbaiki faktor mental," tambahnya.

Piala AFF 2010 akan berlangsung pada Desember mendatang dengan Indonesia dan Vietnam sebagai tuan rumah. Selama mengikuti ajang dua tahunan ini, Indonesia berhasil tiga kali melangkah ke final. Namun sayang, Indonesia selalu gagal meraih juara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com