Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbang, Swiss-Honduras Tersingkir

Kompas.com - 26/06/2010, 03:15 WIB

BLOEMFONTEIN, KOMPAS.com - Swiss dan Honduras tersingkir dari Piala Dunia 2010 Afrika Selatan setelah cuma bermain imbang pada laga terakhir babak penyisihan grup, Jumat (25/6/2010). Sementara Swiss finis di urutan ketiga dengan empat poin, Honduras duduk di dasar klasemen dengan nilai nol.

Mengacu klasemen sebelum pertandingan, Swiss dan Honduras masih berpeluang masuk 16 besar. Ini memotivasi mereka untuk tampil agresif memburu gol. Setiap kehilangan bola, mereka selalu berusaha merebutnya kembali dan begitu menguasainya, mereka langsung melancarkan serangan.

Perebutan bola kemudian tak terhindarkan dan ini membuat permainan berjalan alot. Buruknya alur umpan dan tingginya kewaspadaan barisan belakang kedua kubu membuat bola mudah berpindah tangan. Meski begitu, kedua kubu bukannya sama sekali tak punya peluang.

Pada menit ke-10, misalnya, Gokhan Inler mendapatkan peluang membawa Swiss unggul. Menguasai bola di luar kotak penalti, ia melepaskan tembakan  yang sayangnya melenceng ke sisi kiri gawang Noel Valladares.

Tujuh menit berselang, giliran Eren Derdiyok membuang peluang Swiss. Berada di tengah kotak penalti dalam kawalan seorang pemain Honduras, ia berhasil menanduk umpan silang Tranquillo Barnetta, yang melenceng ke sisi kanan gawang.

Honduras sendiri memiliki peluang meninggalkan Swiss melalui Ramon Nunez, pada menit ke-16. Dari luar kotak penalti, ia melepaskan tembakan yang mentah di tangan Diego Benaglio.

Memasuki menit ke-20, Swiss berhasil memperbaiki penguasaan bola mereka. Selain mengurangi tekanan dari lawan, mereka mampu lebih konsisten melakukan serangan yang berujung eksekusi. Namun, performa Valladares membuat usaha mereka tak membuahkan apa pun selain skor 0-0 di akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, terjadi insiden cederanya Stephane Grichting akibat berbenturan dengan Jerry Palacios sehingga pertandingan berhenti beberapa saat. Namun, setelah itu, Honduras menggebrak dengan sebuah serangan cepat yang nyaris membuat Swiss ketinggalan pada menit ke-52.

Saat itu, dari sektor kiri pertahanan Swiss, Edgard Alvarez melepaskan umpan silang yang berhasil ditanduk David Suazo. Namun, sundulan dari depan gawang itu pun melenceng.

Tak mau terus memberi angin, Swiss memperbaiki penguasaan bola. Meski kemudian berhasil mengendalikan agresivitas lawan, Swiss masih kesulitan menciptakan serangan, sampai akhirnya, pada menit ke-63, Derdiyok melepaskan tembakan akurat dari tengah kotak penalti, yang berhasil dipatahkan Valladeres.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com