Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Disingkirkan Slowakia

Kompas.com - 24/06/2010, 22:52 WIB

JOHANNESBURG, KOMPAS.com — Kesebelasan Italia menyerah 2-3 kepada Slowakia pada laga terakhir penyisihan Grup F di Stadion Ellis Park, Kamis (24/6/2010). Mereka pun tersingkir dari Piala Dunia sebagai juru kunci dengan rekor dua kali seri dan sekali kalah.

Italia pantas kecewa dan malu dengan hasil itu. Meski sempat tampil buruk di babak pertama, mereka berusaha memperbaiki dan berjuang begitu heroik, terutama menjelang akhir babak kedua.

Setelah menutup babak pertama dengan keadaan tertinggal 0-1 akibat gol Robert Vittek pada menit ke-25, Italia melakukan sejumlah perubahan di babak kedua, yaitu dengan menarik bek Domencio Criscito dan gelandang Gennaro Gattuso serta memasukkan bek Christian Maggio dan penyerang Fabio Quagliarella.

Perubahan itu meningkatkan dinamika dan agresivitas lini depan Italia. Mereka pun mulai sering membahayakan benteng Slowakia.

Pada menit ke-50, misalnya, dari tengah kotak penalti, Vincenzo Iaquinta berhasil menanduk umpan silang Pepe. Namun, bola melenceng ke sisi kanan gawang.

Lima menit berselang, giliran Antonio Di Natale yang berpeluang mencetak gol tetap gagal memanfaatkannya. Saat itu, dari tengah kotak penalti, ia berhasil menjangkau umpan terobosan Maggio dan menyonteknya. Namun, bola malah meluncur ke sisi kiri gawang.

Meski gagal, Italia berusaha mempertahankan intensitas serangan. Dengan dukungan Andrea Pirlo, yang masuk menggantikan Ricardo Montolivo pada menit ke-56, Italia berusaha mengejar ketinggalan.

Memasuki menit ke-62, usaha Italia juga hampir membuahkan gol dari kaki Antonio Di Natale. Menguasai bola di luar kotak penalti, ia melepaskan tembakan akurat, yang sayangnya terbendung oleh Mucha.

Peluang terbaik Italia akhirnya datang melalui Fabio Quagliarella pada menit ke-66. Saat itu, Pepe melepaskan umpan silang yang diblok Mucha. Bola kemudian jatuh di kaki Quagliarella yang berada di tengah kotak penalti.

Setelah sempat mengontrol bola, Quagliarella menembakkan bola ke tengah gawang Slowakia. Namun, tembakan akurat itu membentur kaki sebelah dalam Skrtel dan mental.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com