Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mourinho: Tugas Saya di Inter Selesai

Kompas.com - 23/05/2010, 05:22 WIB

MADRID, KOMPAS.com — Pelatih Inter Milan Jose Mourinho mengatakan, tugasnya di Giuseppe Meazza sudah selesai. Ia mengaku siap memburu rekor baru, yaitu menjuarai Liga Champions bersama tim yang lain.

Mourinho menangani Inter pada 2008. Ia dibebani target membawa Inter menjuarai Liga Champions.

Target itu tercapai pada 2009-2010. Mereka menjadi raja Eropa setelah mengalahkan Bayern Muenchen pada babak final, Sabtu (22/5/2010). Ini merupakan gelar ketiga bagi Inter pada musim tersebut setelah Serie-A dan Piala Italia.

Bagi Mourinho, trofi Liga Champions ini merupakan yang kedua dalam kariernya. Sebelumnya, ia menjuarainya bersama FC Porto pada 2004.

Pencapaian itu menjadikan Mourinho sebagai pelatih ketiga yang menjuarai Liga Champions bersama dua klub berbeda setelah Ernst Happel (Feyenoord 1970 dan Hamburg 1983) dan Ottmar Hitzfeld (Borussia Dortmund 1997 dan Bayern Muenchen 2001).

"Saya merasakan kesedihan besar dan mungkin akan pergi. Namun, dalam kehidupan profesional saya, saya mencoba menjadi sedingin mungkin untuk menentukan apa yang akan saya lakukan berikutnya," ungkap Mourinho.

"Saya melakukan apa yang harus saya lakukan. Tugas saya sudah selesai. Saya masuk sejarah klub dan Inter tak akan pernah menjadi sama seperti sebelum ini (menjuarai Liga Champions)."

"Saya tak mau bicara lebih banyak karena saya akan menangis dan mengubah pikiran saya. Peluang saya pergi lebih besar ketimbang bertahan, ya. Anda bisa mengatakan itu."

"Saya adalah salah satu dari sedikit pelatih yang pernah memenangi Liga Champions bersama dua klub berbeda. Sekarang, saya ingin menjadi yang pertama menjuarainya bersama tiga klub."

"Saya tak pernah benar-benar mengatakan selama tinggal. Kembali ke Stamford Bridge membuat saya merasa seperti rumah dan saya akan selalu merasa di rumah di San Siro."

"Saya sangat bahagia di sini, tetapi tak begitu bahagia dengan sepak bola Italia karena saya tak suka presiden klub yang mengatakan pelatih mereka lebih baik atau soal bagaimana media memperlakukan saya," paparnya.

Spekulasi soal kepergian Mourinho sudah muncul sebelum final Liga Champions ini dan Real Madrid adalah klub yang disebut-sebut oleh media Spanyol dan Italia sebagai klub Mourinho musim depan. (FBI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com