Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Park Antar MU ke Puncak, Liverpool Tersendat

Kompas.com - 21/03/2010, 22:19 WIB

MANCHESTER, KOMPAS.com - Manchester United berhasil memenuhi ambisi mereka untuk mematahkan Liverpool. Dalam duel lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, MU menang 2-1 berkat gol penentu dari Park Ji Sung sekaligus mengembalikan posisi mereka ke puncak klasemen sementara.

Ini merupakan kemenangan pertama "Setan Merah" dalam empat laga terakhir lawan "The Reds". Dalam tiga laga sebelumnya, Gary Neville dan kawan-kawan selalu kalah di tangan "The Anfield Gank".

Liverpool tampak seperti akan menang lagi setelah Fernando Torres mencetak gol cepat. Memanfaatkan crossing Dirk Kuyt, striker Spanyol itu menanduk bola dan membuat Liverpool unggul di menit keenam.

Tim tamu terus memaksakan tempo cepat, namun MU perlahan-lahan menunjukkan determinasinya. Upaya MU membuahkan hasil setelah wasit memberi hadiah penalti atas pelanggaran Javier Mascherano. Tendangan penalti Wayne Rooney sempat ditepis kiper Pepe Reina, tapi Rooney langsung menyambar bola mental. Skor menjadi seri 1-1 sejak menit ke-12.

Kedudukan imbang membuat permainan semakin menarik. Serangan bertubi-tubi dari kedua kubu terus mengalir, namun tak satu pun dapat menambah gol hingga jeda.

Liverpool kehilangan penguasaan bola di paruh kedua. Ini dimanfaatkan oleh MU untuk mendesak pertahanan tim tamu dan membuahkan gol di menit ke-60. Dari sayap kanan, Darren Fletcher mengirim umpan terukur kepada Park Ji Sung di kotak penalti. Sekali sundul, bola bersarang di gawang Reina.

Setelah itu, permainan cenderung keras. Pelatih Liverpool, Rafael Benitez, melakukan penyegaran pemain dengan memasukkan Alberto Aquilani dan Ryan Babel. Untuk sesaat, serangan "The Reds" meningkat, tapi tak mampu meredam dominasi tuan rumah.

Peluang terbaik Liverpool diperoleh Yossi Benayoun di menit ke-89. Kali ini kembali gagal karena tandukannya terlalu pelan dan mudah ditangkap kiper Edwin van der Sar.

Berkat hasil ini, MU kembali memimpin klasemen Liga Inggris dengan nilai 69 atau dua angka di atas Arsenal yang sehari sebelumnya merebut takhta. Sebaliknya, Liverpool masih terjebak di posisi kelima dengan 51 poin. Posisi mereka bisa diambil Manchester City, yang akan bermain lawan Fulham.

Susunan pemain:
Man. United:
Van der Sar; Neville, Ferdinand, Vidic, Evra; Valencia, Fletcher, Carrick, Park (Scholes 87), Nani (Giggs 79); Rooney.

Liverpool: Reina; Johnson, Carragher, Agger, Insua; Mascherano, Lucas (Benayoun 83), Kuyt (Aquilani 73), Gerrard, Maxi (Babel 76); Torres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com