Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpisahan Higuita Undang Maradona

Kompas.com - 20/01/2010, 06:29 WIB

BOGOTA, KOMPAS.com — Minggu (24/1/2010) akan menjadi pertandingan perpisahan dan testimoni kiper legendaris Kolombia, Rene Higuita. Acara itu akan mengundang Diego Maradona, Ronaldo, dan Ronaldinho.

Perpisahan itu akan ditandai dengan pertandingan bintang-bintang Kolombia melawan para pemain top klub Atletico Nacional era 1990-an. Namun, panitia belum bisa memastikan nama-nama besar yang diundang akan hadir atau tidak.

Higuita yang kini berumur 43 tahun merupakan kiper eksentrik. Dia termasuk kiper yang berani menabrak pakem. Higuita suka keluar dari sarangnya dan ikut memainkan bola. Bahkan, tak jarang dia mengambil tendangan bebas.

Karena ulahnya itu, Kolombia tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 1990. Dia memainkan bola di luar kotak penalti saat melawan Kamerun. Roger Milla kemudian merebutnya dan membobol gawangnya.

Pada pertandingan persahabtan antara Kolombia dan Inggris di Wembley, dia juga membuat aksi mengagumkan. Bola tendangan lawan yang keras mengarah ke gawangnya tidak dia tangkap. Tapi, dia menjatuhkan diri, kemudian dua kakinya mengeblok bola dan sukses. Penyelamatan ini kemudian dikenal sebagai gaya kalajengking.

Higuita pernah membela delapan klub di Kolombia. Dia juga pernah bermain di empat klub luar negeri, seperti Real Valladolid (Spanyol), Varacruz (Meksiko), Aucas (Ekuador), dan Guaros (Venezuela). (AP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com