Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rivaldo Ingin Cicipi Gelar Juara Asia

Kompas.com - 06/09/2008, 00:36 WIB

TASHKENT, JUMAT - Masih ingat Rivaldo, bintang sepakbola Brasil yang pernah membawa negerinya juara Piala Dunia 2002, mengantarkan Barcelona dua kali juara Divisi Primera La Liga, dan meraih penghargaan Pemain Terbaik Dunia dan Pemain Terbaik Eropa 1999? Gelandang Brasil yang kini berusia 36 tahun itu saat ini memperkuat klub Kuruvchi, Uzbekistan. Di sepanjang kariernya selama ini, ia hampir merasakan gelar-gelar bergengsi di kancah sepakbola. Mulai dari Piala Dunia, Copa America, Liga Champions Eropa, La Liga, Coppa Italia, Piala Raja Spanyol, hingga gelar Liga Super Yunani.

 

 

Satu gelar yang belum pernah ia torehkan adalah juara di Asia. Cita-cita itulah yang kini sedang dikejar Rivaldo setelah sepakat bergabung klub Kuruvchi, Uzbekistan. Bersama klub barunya itu, ia bertekad akan mencicipi gelar juara Liga Champions Asia. "Tuhan akan memberi gelar itu kepada kami tahun ini," kata Tavakkal Ismailov, bos klub Kuruvchi, yang dikutip situs Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), saat memperkenalkan Rivaldo kepada wartawan di Tashkent.

Sebelum bergabung dengan Kuruvchi, Rivaldo bermain di klub AEK, Yunani. Kuruvchi adalah nama baru bagi klub Bunyodkor. Kepada wartawan, Rivaldo mengungkapkan dirinya menolak tawaran bermain di Jepang dan Australia sebelum memutuskan memilih Uzbekistan. "Menjelang akhir kontrakku di AEK, aku mendapat tawaran bagus dari Uzbekistan. Lalu, aku terima tawaran itu," ujar pemain bernama lengkap Rivaldo Vítor Borba Ferreira itu.

"Aku ingin memperlihatkan kepada semua orang apa yang bisa kulakukan di lapangan dan membawa tim baruku di Liga Champions. Klub telah memberiku kesempatan ini dan aku ingin membayar lunas kepada mereka," lanjut Rivaldo. Pemain berposisi gelandang serang itu merupakan salah satu gelandang yang produktif mencetak gol. Di tim nasional Brasil, ia menyumbang 36 gol dari 86 kali penampilan.

Kendati usianya tidak muda lagi, Rivaldo masih tajam. Di klub AEK, Yunani, ia menyarangkan 12 gol dari 35 kali penampilan. Laga pertama Rivaldo bersama Kuruvchi di ajang Liga Champions Asia adalah partai tandang babak perempat final melawan klub Iran, Saipa, 17 September mendatang. (AFC/SAM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com