Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Drogba, Patungan Fans Marseille Sudah Rp30,9 M

Kompas.com - 17/07/2008, 01:35 WIB

MARSEILLE, RABU - Suporter Marseille benar-benar serius untuk mendatangkan kembali Didier Drogba ke klub tersebut. Karena klub tak juga berusaha membelinya dengan alasan kesulitan keuangan, mereka terus mengumpulkan patungan. Bahkan, kini mereka mengklaim telah mengumpulkan 2,1 juta euro (sekitar Rp30,9 miliar).

Sebelum pindah ke Chelsea, Didier Drogba memang pemain Marseille. Suporter klub Prancis ini merindukan kehadiran kembali Drogba, setelah Marseille gagal meraih trofi dalam beberapa tahun terakhir. Mereka mengkoordinasi pengumpulan dana lewat situs www.didier-revient.com.

Sampai Rabu (16/7), dana yang terkumpul sebesar 2.138.391 euro (sekitar Rp30,9 miliar). Dana itu hasil donasi dari 29.467 suporter.

Pengumpulan dana tersebut juga sebagai sindiran dan desakan buat Presiden Marseille, Pape Diouf, untuk serius membeli Drogba. Pemain yang dijuluki suporter Marseille sebagai Drogbathon itu memang menjadi idola klub tersebut. Maka, banyak suporter kecewa ketika klub menjualnya ke Chelsea.

"Saya kaget, sekaligus terhibur (dengan pengumpulan dana itu, Red). Itu menunjukkan gairah yang nyata dari para suporter Marseille," kata Pape Diouf kepada surat kabar La Provence, menanggapi pengumpulan dana tersebut.

Meski begitu, Diouf menunjukkan fakta betapa rumitnya membeli Drogba kembali. Jikapun Marseille mampu membelinya, masih ada masalah untuk membayar gajinya yang sudah begitu tinggi di Chelsea. Dia tentu tak ingin dibayar dengan gaji rendah lagi.

"Saya tahu seberapa besar Drogba menerima gaji di Chelsea," katanya.

Drogba akhir-akhir ini diisukan akan dijual. Barcelona termasuk klub yang menginginkannya, selain AC Milan. Namun, belakangan Milan menyatakan tak akan membeli pemain lagi, setelah sukses mendatangkan Ronaldinho dari Barcelona. Sebab itu, suporter berharap Marseille yang merebutnya dan mereka siap membantu dana pembelian itu.

Saat di Marseille, dia tampil menawan. Pada musim 2003-04, dia mencetak 18 gol dari 35 penampilannya. Namun setelah itu, dia dijual ke Chelsea. (AP/HPR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com