Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Vs Filipina: Kurniawan-Arif Yakin Garuda Lolos, Hindari Salah Sendiri

Kompas.com - 11/06/2024, 18:30 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Timnas Indonesia akan menghadapi laga penentuan melawan Filipina pada lanjutan laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam.

Mantan pemain timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto dan Arif Suyono, kompak meyakini Tim Garuda memiliki kans terbuka untuk bisa mengalahkan Filipina.

Kurniawan Dwi Yulianto yang semasa aktif bermain menjadi goal getter andalan Indonesia meminta para skuad Garuda dapat tampil lebih agresif dan mengurangi kesalahan sendiri di area pertahanan tim.

Jika kedua hal itu dilakukan dengan baik, ia yakin timnas Indonesia dapat memetik kemenangan dan bisa melaju ke babak berikutnya.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Indonesia Vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026

"Pertandingan yang sangat penting, berharap para pemain fokus, tampil agresif, karena kita harus memenangi pertandingan agar tidak bergantung dengan tim lain untuk lolos ke babak ketiga," ucap Kurniawan kepada Kompas.com.

"Timnas diharapkan tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang membahayakan gawang," tutur asisten pelatih klub asal Italia, Como 1907, tersebut.

Staff pelatih Como 1907 asal Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto.Dokumentasi Pribadi Staff pelatih Como 1907 asal Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto.

Pada laga ini, Indonesia melawan tim yang secara peringkat berada di bawah timnas Indonesia dan sudah tidak memiliki kepentingan apa-apa lagi setelah dipastikan tersingkir dari perebutan tiket ke babak berikutnya.

Karena itu, Filipina akan bermain nothing to lose saat berhadapan dengan Indonesia.

Baca juga: Indonesia Vs Filipina, Alasan Bukan Laga Mudah bagi Tim Garuda

Untuk itu, Kurniawan Dwi Yulianto mewanti-wanti pemain timnas Indonesia tidak meremehkan kekuatan Filipina.

Terlebih lagi, saat ini lawan juga banyak dihuni pemain diaspora yang berpengalaman di kompetisi sepak bola Eropa.

"Kita tahu Filipina bukan tim yang gampang dan dihuni dengan mayoritas pemain main di Eropa juga. Selain itu, mereka akan main nothing to lose tanpa beban juga karena tidak ada peluang lagi untuk lolos,” ujar Kurniawan Dwi Yulianto.

"Semoga pemain sudah melupakan kekalahan melawan Irak. Semoga bisa lapar lagi memenangi pertandingan,” katanya.

Baca juga: 4 Fakta Jelang Indonesia Vs Filipina: Hidup Mati Garuda

Senada dengan keyakinan Kurniawan Dwi Yulianto, Arif Suyono juga optimistis Indonesia memiliki peluang yang cukup terbuka untuk bisa mengalahkan Filipina.

Pemain yang semasa aktif bermain menjadi andalan timnas Indonesia di sektor penyerang sayap itu yakin karena progres permainan Indonesia yang semakin positif ditunjukkan di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Akan tetapi, dia meminta skuad Garuda tidak meremehkan kekuatan Filipina meski di atas kertas Indonesia lebih unggul.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com