Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bonucci Ucap Selamat Tinggal kepada Sepak Bola

Kompas.com - 26/05/2024, 22:57 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Bek Italia yang kini membela Fenerbahce, Leonardo Bonucci, mengucap selamat tinggal kepada sepak bola.

Bonucci siap menutup kariernya sebagai pesepak bola pada usia 37 tahun di klub rakasasa Turki, Fenerbahce.

"Bek asal Italia, Leonardo Bonucci, yang bergabung dengan kami pada bursa transfer paruh musim, akan menutup karier sebagai pesepak bola besok," demikian bunyi rilis yang dikeluarkan Fenerbahce pada Sabtu (25/5/2024).

Bonucci ingin berhenti dengan raihan trofi. Bek yang dikenal dengan kemampuan apik dalam mengalirkan bola itu bakal memainkan partai terakhirnya dalam pekan pamungkas Liga Turkiye 2023-2024.

Baca juga: Bonucci: Harry Maguire adalah Contoh, Mentalnya Tangguh!

Duel Fenerbahce vs Istanbulspor pada Minggu (26/5/2024) malam, yang krusial dalam menentukan titel kampiun Liga Turkiye, juga akan memuat perpisahan Bonucci.

"Suatu kehormatan bagi saya menjadi bagian dari keluarga yang luar biasa ini," ujar Bonucci di situs resmi Fenerbahce.

"Saya akan mencoba memberikan yang terbaik, di dalam dan luar lapangan, namun yang terpenting, akan berjuang dalam pertarungan terakhir kami besok," ucap Bonucci.

Bonucci dkk memang masih punya kans menjuarai Liga Turkiye 2023-2024.

Syaratnya, Fenerbahce wajib membekuk Istanbulspor sementara di tempat lain, sang pemuncak klasemen, Galatasaray, takluk dari Konyaspor.

"Saya ingin mengakhiri karier dengan trofi dan kami punya kesempatan untuk menjadi juara besok (hari ini)," tutur Bonucci yang ikut mengantar Italia juara Euro 2020 tersebut.

Baca juga: Bonucci Akan Gugat Juventus dan Berjanji Sumbang Uang Kompensasi

Jelang pekan penutup Liga Turkiye 2023-2024, Bonucci mendapatkan kado istimewa berupa jersey Fenerbahce yang ditandatangani seluruh personel tim.

Ia bergabung dengan Fenerbahce setelah menjalani masa singkat kurang menyenangkan di klub Jerman, Union Berlin. Karier pemain kelahiran Viterbo itu banyak dihabiskan bersama Juventus.

Bonucci membela Juventus pada rentang 2010 sampai 2023. Masa pengabdian panjang itu diselingi dengan satu musim membela AC Milan pada 2017-2018.

Bersama Juventus, partner sehati Giorgio Chiellini tersebut meraih delapan gelar juara Liga Italia dan empat Coppa Italia.

Bonucci juga tercatat membela negaranya, Italia, sebanyak 121 kali dengan torehan delapan gol. Salah satu gol itu tercipta pada final Euro 2020 kontra Inggris di Stadion Wembley. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com