Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shin Tae-yong Akui Garuda Masih Butuh Banyak Pengalaman

Kompas.com - 25/01/2024, 01:13 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tetap mempertahankan semangat anak asuhnya usai kekalahan 1-3 dari Jepang pada laga pamungkas Grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1/2024) malam WIB.

Pertandingan baru berjalan enam menit ketika Ueda Ayase menjebol gawang Ernando Ari dari titik putih setelah Jordi Amat menjatuhkannya di kotak terlarang.

Penyerang Feyenoord itu mencetak gol kedua laga pada menit ke-52 memanfaatkan umpan silang datar Ritsu Doan.

Garuda kebobolan lagi dua menit sebelum menit normal berakhir setelah Justin Hubner membelokkan tendangan Ayase ke gawang sendiri.

Setidaknya, Merah Putih membalas satu gol lewat Sandy Walsh pada injury time babak kedua.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Timnas Indonesia di Fase Grup Piala Asia 2023

Seusai laga, Shin mengatakan skuad mudanya akan belajar dari pertandingan-pertandingan di Piala Asia ini.

"Mereka masih belajar dan butuh banyak pengalaman. Kami harus perbaiki kekurangannya dan berkembang lagi," ungkap Shin dalam konferensi pers usai pertandingan di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, dikutip dari Antara.

"Dari sisi serangan, tim Jepang punya striker  bagus. Mereka bisa melakukannya dengan baik. Meski sudah menguasai bola, mereka bisa merebut dan melakukan serangan yang presisi," tutur Shin.

Sang pelatih memang menurunkan banyak pemain muda di Piala Asia 2023 ini, kiper Ernando Ari merupakan kiper termuda kedua di turnamen pada usia 21 tahun dan 10 bulan.

Baca juga: Klasemen Piala Asia 2023: Irak-Jepang Lolos 16 Besar, Asa Indonesia Masih Terbuka

Di lapangan luar ada Rizky Ridho (22), Pratama Arhan (22), Justin Hubner (20), Marselino Ferdinan (19), Ivar Jenner (20), dan Rafael Struick (20). Garuda merupakan tim termuda dari semua kontestan lain di Qatar.

Shin pun mengakui bahwa kemenangan kontra Vietnam pada laga kedua secara wajar menjadi titik tertinggi di timnya di turnamen.

"Tentu saya sangat puas dengan performa mereka saat melawan Vietnam. Pertandingan itu yang membuat saya paling bahagia," ujarnya.

Garuda kini menunggu hasil laga-laga Jordan vs Bahrain dan Kirgistan vs Oman pada Kamis (25/1/2024) untuk menentukan nasib mereka apakah melaju sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com