Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bek Asing Persita Prediksi Liga Indonesia Masuk Jajaran Kompetisi Elit ASEAN 2028 Nanti

Kompas.com - 11/01/2024, 21:00 WIB
Suci Rahayu,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bek asing Persita Tangerang, Christian Rontini, memprediksi Liga Indonesia bakal masuk jajaran elit kompetisi Asia Tenggara (ASEAN) pada tahun 2028 nanti.

Prediksi tersebut berdasarkan banyaknya aspek positif sepak bola Indonesia yang ditemui saat berpetualang di Liga 1 2023-2024 ini.

Baik dari aspek sumberdaya, pengelolaan dan sarana prasarana kompetisi.

Lebih dari itu ia melihat potensi sepak bola Indonesia masih bisa berkembang lebih jauh lagi. Hanya perkara waktu bagi sepak bola Indonesia bisa berada di level elit.

“Saya melihat banyak aspek bagus dari sepakbola Indonesia, contohnya stadion, suporternya dan juga kualitas pertandingannya tidak seburuk yang orang-orang asing bayangkan,” ucap pemain bernomor punggung 3 itu kepada Kompas.com.

“Namun tentu saja selalu ada kesempatan untuk berkembang, namun saya rasa dalam 5 tahun ke depan liga ini akan bersaing dengan posisi 3 terbaik di Asia Tenggara,” imbuhnya.

Banyaknya pemain timnas negara lain yang berkarir di Indonesia menjadi salah satu indikator peningkatan pamor Liga Indonesia di mata internasional.

Setidaknya saat ini ada 16 pemain asing yang aktif membela timnas negara masing-masing saat FIFA Matchday atau agenda lainnya.

Ada Majed Osman (Dewa United) dan Jihad Ayoub (PSS Sleman) yang membela Timnas Lebanon, Rohit Chand (Persik Kediri) pemain Timnas Nepal, Win Naing Tun (Borneo FC) yang merupakan pemain timnas Myanmar.

Junior Eldstal (Dewa United) yang membela Harimau Malaya, Malaysia. Mohammed Rashid (Bali United) membela Timnas Palestina.

Kemudian dua pemain Timnas Singapura Jakob Mahler (Madura United) dan Song Ui-Young (Persebaya). Dari Timnas Thailand ada Elias Dolah (Bali United).

Baca juga: PT LIB Ungkap 3 Nama Stadion Liga 1 yang Memakai VAR, Ada Manahan dan SJH

Di Liga 2 2023-2024 juga ada Chencho Gyeltshen (Sriwijaya FC) yang tercatat sebagai pemain Timnas Bhutan.

Pemain Timnas Filipina menjadi yang terbanyak bermain di Liga Indonesia. Total ada enam pemain, yakni Carli de Murga (Barito Putera), Mike Ott (Barito Putera), Daisuke Sato (Persib), Kike Linares (PSM Makassar), Dylan De Bruycker (Bhayangkara FC), dan Christian Rontini (Persita Tangerang).

“Tentu saja, seperti yang saya katakan sebelumnya, liga ini adalah liga yang sangat menarik karena bagi para pemain muda, ini adalah tempat yang baik untuk bertahan dan berkembang, dan juga bagi para pemain senior,” kata Christian Rontini.

Di sisi lain sepak bola Indonesia juga lebih dari sekedar karier baginya. Selama enam bulan di tahun 2023 lalu ia mengukir perjalanan hidup di sini.

Ia resmi menjadi mualaf dan mengakhiri masa lajangnya dengan mempersunting Amanda Gonzales yang merupakan putri Cristian Gonzales.

Itu membuat sepak bola Indonesia punya tempat tersendiri dalam hatinya.

Kini bek berusia 24 tahun tersebut menantikan hal-hal baik lainnya di tahun 2024.

“Untuk tahun 2024 saya berharap bersama Persita kita tetap berada di liga utama dan mengukuhkan posisi secepat mungkin, semoga kita semua sehat dan sukses,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com