Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Frets Butuan Berat Tinggalkan Persib, Kenang Laga Terbaik Vs Persija

Kompas.com - 29/11/2023, 17:34 WIB
Adil Nursalam,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Frets Butuan melakukan perpisahan dengan skuad Persib Bandung pada sesi latihan Rabu (29/11/2023) di Stadion Persib, SIdolig, Bandung. 

Frets Butuan mengaku berat hati meninggalkan Persib yang sudah ia bela selama lima musim kompetisi sejak Liga 1 2019.

Pemain asal Ternate itu harus mengundurkan diri sebagai pemain Persib karena panggilan tugas sebagai anggota TNI. 

Padahal dirinya baru saja memperpanjang kontrak tiga tahun pada Mei 2023 lalu hingga 2026. 

“Pada akhirnya, hari ini saya mengambil keputusan sangat berat di Persib. Sangat sedih, berat hati saya perpisahan ini, sulit mengambil keputusan ini bahwa saya sudah pindah dari Persib dan akan mencari suasana baru,” kata Frets. 

Baca juga: Frets Butuan ke Malut United, Persib Kapok Rekrut Seorang Anggota?

Seperti diberitakan, Frets dipindahtugaskan kesatuannya ke XVI/Pattimura di Ternate sebagai anggota TNI. 

Tugas yang tidak bisa ditolak ini membuatnya memutuskan untuk undur diri walaupun tenaganya masih dibutuhkan pelatih Persib Bojan Hodak musim ini. 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada tim ini yang sudah bekerja dengan saya selama lima musim, lima musim yang berkesan buat saya. Saya sangat dicintai oleh teman-teman semua, pelatih, manajemen,” paparnya. 

“Saya mau ucapkan terima kasih juga kepada manajemen, Pak Glenn (Sugita), Pak Teddy (Tjahjono), Pak Umuh (Muchtar), yang telah menerima saya,” bebernya. 

Baca juga: Persib Resmi Lepas Frets Butuan, Sibuk pada Deadline Transfer

Pemain 27 tahun ini tahu situasi tidak menyenangkan bagi tim dan juga Bobotoh. Namun, ia percaya ini sebagai bagian dari jalan Tuhan. 

“Saya juga meminta maaf kepada semuanya atas ketidaknyamanan dengan situasi seperti ini. Tapi, saya percaya ini semua sudah jalan Tuhan untuk karier saya,” tutur Frets. 

“Saya berterima kasih juga kepada pelatih dan pemain yang sudah bersama dengan saya selama ini yang selalu mendukung di dalam maupun luar lapangan,” ucapnya. 

Bersama Persib, Frets bermain dalam 91 laga di Liga 1, menyumbangkan 11 gol dan 10 assist bagi Maung Bandung. 

Baca juga: Boyong Mendoza dan Beltrame, Target Pendek Persib Tak Bisa Dinego Lagi

Pemain yang kabarnya akan gabung bersama Malut United FC ini mengenang momen pertandingan terbaik selama bermain untuk Persib.

Yakni ketika ia mencetak gol pertama di Persib pada laga big match kontra Persija Jakarta 28 Oktober 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali. 

Persib saat itu menang 2-0 dengan tendangan keras Frets Butuan tak mampu ditahan penjaga gawang Andritany Ardhiyasa. 

Tak kalah penting adalah golnya ke gawang Arema FC di kandang sendiri, di hadapan Bobotoh ketika menaklukkan Arema FC 3-0 di Si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung. 

“Paling berkesan banyak pertandingan tapi yang paling berkesan itu 2019 cetak gol ke gawang Arema dan Persija, kalau Persija kan gol pertama Frets di Persib terus sama Arema gol pertama sama Bobotoh di stadion,” kenangnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com