Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil AS Vs Jerman: Debut Manis Nagelsmann, Der Panzer Menang 3-1

Kompas.com - 15/10/2023, 06:21 WIB
Farahdilla Puspa,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timnas Jerman meraih kemenangan perdana di bawah asuhan pelatih baru, Julian Nagelsmann, pada laga uji coba melawan Amerika Serikat. 

Duel Amerika Serikat vs Jerman yang berlangsung di Stadion Pratt & Whitney, Minggu (15/10/2023) dini hari WIB, berakhir 3-1 bagi kemenangan tim Panzer. 

Nagelsmann ditunjuk sebagai pelatih timnas Jerman menggantikan Hansi Flick yang dipecat usai rentetan hasil buruk dan kabar ia kehilangan kepercayaan pemain. 

Puncaknya adalah kekalahan 1-4 dari Jepang pada laga persahabatan bulan September lalu yang merupakan kekalahan ketiga secara beruntun Jerman. 

Baca juga: Resmi, Julian Nagelsmann Menjadi Pelatih Timnas Jerman

Amerika Serikat unggul 1-0 terlebih dahulu berkat gol Christian Pulisic pada menit ke-27 setelah memanfaatkan umpan Folarin Balogun. 

Setelah menerima servis dari Balogun di pinggir lapangan di sisi kanan pertahanan Jerman, Pulisic menggiring bola melewati tiga pemain lawan. 

Aksinya ditutup dengan tendangan keras dari luar kotak penalti yang membuat bola bersarang di pojok kiri atas gawang Jerman kawalan Marc-Andre ter Stegen. 

Jerman lalu menyamakan kedudukan pada menit ke-39 berkat gol kapten tim, Ilkay Guendogan. 

Baca juga: Daftar Negara Lolos ke Euro 2024: Jerman, Portugal, Perancis, dan Belgia

Gol berawal dari pergerakan Leroy Sane yang mengecoh tiga pemain lawan. Sane yang berdiri bebas di dalam kotak penalti mencoba melewati kiper Amerika Serikat, Matt Turner. 

Namun, sentuhan kecil Matt Turner justru membuat bola terdorong ke arah Guendogan yang berlari di belakang Sane dan sukses berbuah gol. 

Der Panzer, julukan timnas Jerman, menambah dua gol pada babak kedua melalui aksi Niclas Fullkrug dan Jamal Musiala. 

Niclas Fullkrug yang berada di depan gawan bebas dari jebakan offside saat menerima umpan Robin Gosens dan membawa Jerman unggul 2-1 pada menit ke-58. 

Baca juga: Ronaldo Tepis Isu Pensiun, Siap Bela Portugal di Euro 2024

Jerman hanya perlu tiga menit untuk memperlebar keunggulan menjadi 3-1 berkat gol Jamal Musiala. 

Gol Musiala sekaligus memastikan kemenangan Jerman atas Amerika Serikat. Ini merupakan kemenangan perdana Der Panzer bersama pelatih Julian Nagelsmann.

Timnas Jerman, yang sudah pasti lolos ke Euro 2024 karena berstatus tuan rumah, selanjutnya akan melawan Meksiko di Lincoln Financial Field pada 18 Oktober 2023 pagi WIB. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com