Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala AFF U23 2023: 2 Pemain Timnas yang Kena Sanksi AFC Tak Bisa Main

Kompas.com - 17/08/2023, 21:21 WIB
Ahmad Zilky,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.com – Dua pemain timnas U23 Indonesia, Komang Teguh dan Titan Agung, tak bisa bermain di Piala AFF U23 2023 karena terkena sanksi AFC.

Komang Teguh dan Titan Agung menjadi dua pemain yang dibawa Shin Tae-yong untuk berkompetisi bersama timnas U23 Indonesia di Piala AFF U23 2023.

Namun, manajer timnas U23 Indonesia, Endri Erawan, mengabarkan Komang Teguh dan Titan Agung tidak bisa bertanding di Piala AFF U23 2023 setelah muncul surat dari AFC.

Adapun Komang Teguh dan Titan Agung terkena sanksi AFC seusai terlibat keributan dalam final SEA Games 2023 yang mempertemukan Indonesia vs Thailand.

“Yang jadi masalah dua orang ini, Titan dan Komang,” ucap Endri Erawan di Nonglalok Stadium pada Kamis (17/8/2023), dikutip dari BolaSport.com.

Baca juga: Piala AFF U23 2023: Skuad Tak Lengkap, Malaysia Merasa Senasib dengan Indonesia 

“Kami kaget tiba-tiba tanggal 14 itu dapat surat dari AFC mengingatkan kami ada suspend dari pemain kita,” jelasnya.

Padahal, Endri Erawan mengatakan pihaknya sudah mencoba berkomunikasi dengan AFC mengenai kans Komang dan Titan bermain di Piala AFF U23 2023.

“Sebab, selama ini sejak tanggal 2 Agustus sebenarnya kami sudah kirim surat ke AFC untuk mendapatkan konfirmasi mengenai 2 orang pemain yang kita bawa,” jelasnya.

“Termasuk dengan Taufany karena masuk list 40 pemain yang disiapkan. Namun, belum ada respons,” jelasnya.

Menurut Endri Erawan, dasar pertimbangan membawa Komang dan Titan ke Piala AFF U23 2023 karena bukan ajang FIFA Matchday.

Baca juga: Indonesia Vs Malaysia, STY: Piala AFF U23 Tak Lebih dari Uji Coba

“Jadi, pertimbangan kami karena ini usianya berbeda dulu U22, ini U23 dan juga ini adalah turnamen resminya Asia Tenggara, bukan friendly match (FIFA),” ucap dia.

“Surat FIFA juga sejak keberangkatan kami ke sini 3 hari lalu belum keluar. Belum ada surat dari AFC yang menyatakan belum boleh bermain,” ucapnya.

Endri Erawan lalu menjelaskan bahwa PSSI tengah berupaya untuk mengirim surat balasan ke AFC agar Komang dan Titan tetap bisa bermain di Piala AFF U23 2023.

“Kami lagi membalas surat tersebut. Artinya, kami menjelaskan bahwa ini adalah turnamen resminya Asia Tenggara,” ucap dia.

“Hari ini sudah dibalas, masih dipelajari bagian legal PSSI, apakah surat itu memperbolehkan Titan dan Komang bermain,” katanya.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia Bulan Agustus: Piala AFF U23 dan Uji Coba Timnas U17

“Setelah itu, kami akan konsultasi dengan match komisioner. Karena, match com bilang itu tergantung AFC,” jelas dia.

(Penulis: Bagas Reza Murti, Editor: Bagas Reza Murti/BolaSport.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com