Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arema FC Berkaca dari Persebaya, Mau Penonton Saat Uji Coba

Kompas.com - 02/06/2023, 22:00 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih Arema FC, I Putu Gede, berharap serangkaian pertandingan uji coba tim bisa dilaksanakan dengan kehadiran penonton.

Kedatangan penonton dirasa perlu untuk menyempurnakan persiapan menyongsong Liga 1 2023-2024. Khususnya, aspek mentalitas pemain menghadapi tekanan.

Saat ini, Arema FC dibesut I Putu Gede bersama Joko Susilo, tengah memasuki bulan kedua persiapan menuju Liga 1 2023-2024.

Urgensi untuk menghadirkan penonton muncul setelah Putu Gede menyaksikan pertandingan Persebaya yang penuh dengan dukungan fan.

Baca juga: Arema FC Menanti Kedatangan Pemain Timnas Kamerun

 

Ia ingin pemain baru Arema FC saat ini bisa siap dalam semua kondisi dan situasi di dalam lapangan.

“Ini kan kami juga berkaca dari Persebaya. Sangat penting tim ini untuk atmosfer penonton agar terbiasa,” tutur Putu Gede menerangkan.

Musim ini Arema FC menghimpun kembali kekuatan dari awal. Evaluasi besar dilakukan dengan melepas 7 pemain, termasuk seluruh pemain asing.

Kemudian tim beralias Singo Edan mendatangkan 12 pemain baru dengan tiga di antaranya adalah legiun asing.

Dari 12 nama tersebut hanya dua pemain yang punya pengalaman di Liga 1 Indonesia, yakni Rifad Marasabessy dan Gufroni Al Maruf.

Baca juga: Arema FC Perkenalkan Dua Pemain Asing, Total 12 Muka Baru Telah Merapat

Sedangkan, tujuh pemain anyar diorbitkan dari klub Liga 2. Sementara itu, seluruh pemain asing yang datang menatap musim debut di Liga 1 Indonesia.

Adaptasi pun dibutuhkan pemain lama mengingat Arema sempat menjadi "tim musafir" usai tragedi Kanjuruhan. Arema bermain di luar Malang mulai pekan ke-12 sampai 34 Liga 1 2022-2023.

“Karena kompetisi sudah mulai dihadiri penonton. Untuk membiasakan jadi uji coba akan dihadiri penonton,” tutur Putu Gede.

Singo Edan akan uji coba dengan lawan-lawan yang selevel. Bahkan, Putu Gede ingin Arema FC turut berpartisipasi jika ada turnamen, supaya persiapan semakin matang.

Pelatih Arema FC untuk mengarungi Liga 1 2023-2024, Putu Gede.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pelatih Arema FC untuk mengarungi Liga 1 2023-2024, Putu Gede.

“Kami butuh pertandingan dengan tim selevel, kalau ada turnamen juga lebih bagus,” katanya.

Besar kemungkinan klub kebangaan Aremania itu akan menantang beberapa tim lagi pada satu bulan terakhir sebelum kick off Liga 1 2023-2024 pada 1 Juli 2023. 

“Saya sudah sampaikan pada manajemen kami memberi dan menunggu tawaran uji coba. Idealnya empat uji coba dalam satu bulan ini,” tutur Putu Gede.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com