Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juventus Vs Milan: Rossoneri ke Liga Champions, Allegri Merasa Dirampas

Kompas.com - 29/05/2023, 06:00 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - AC Milan mengamankan tiket ke Liga Champions usai menang 1-0 di kandang Juventus. Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, menyebut sejumlah tim bisa lolos ke Liga Champions hanya karena anak asuhnya terkena hukuman.

Gol semata wayang Olivier Giroud (40’) menjadi pembeda dalam laga Juventus vs AC Milan di Stadion Allianz, Senin (29/5/2023) dini hari WIB.

Kemenangan 1-0 yang diraih Milan di markas Juve memastikan mereka finis di empat besar dan mengamankan tiket partisipasi ke Liga Champions 2023-2024.

Sebaliknya, Juventus asuhan Massimiliano Allegri sudah dipastikan tak akan mentas di kompetisi paling elite Benua Biru itu pada musim depan.

Baca juga: Hasil Juventus Vs Milan 0-1: Kepala Giroud Jadi Pembeda, Rossoneri Amankan Tiket Liga Champions

Lantaran Serie A Liga Italia tinggal menyisakan satu pekan lagi, Juventus (59 poin) sudah tak mungkin lagi melewati Milan (67) yang duduk di tangga keempat.

“Seperti yang saya katakan, ini adalah musim yang tidak biasa. Tim mengumpulkan 69 poin, jadi kami mesti bangga dan berterima kasih atas apa yang mereka lakukan,” kata Allegri usai laga Juventus vs Milan, dikutip dari Football Italia.

“Andai apa yang terjadi di luar lapangan tidak terjadi, kami masih bisa lolos ke Liga Champions,” tutur Allegri menambahkan.

Allegri tetap meyakini bahwa Juventus telah meraih 69 poin di lapangan. Tim beralias Si Nyonya Besar saat ini secara riil hanya menorehkan 59 angka karena keputusan pengadilan.

Ya, pada 22 Mei silam, 10 menit jelang laga melawan Empoli, Juventus menerima kabar bahwa mereka dikenai hukuman pengurangan 10 poin.

Hukuman untuk Juventus itu berkaitan dengan kasus plusvalenza. Si Nyonya Besar dianggap telah merekayasa nilai transfer pemain dan pembukuan finansial untuk mendongkrak capital gain.

Baca juga: Hasil Juventus Vs Milan 0-1: Kepala Giroud Jadi Pembeda, Rossoneri Amankan Tiket Liga Champions

Awalnya, karena kasus itu Juventus dikenai hukuman pengurangan 15 poin. Namun, keputusan itu sempat dicabut pada Kamis, 20 April silam, sehingga 15 angka Juventus pun kembali.

Namun, pada 22 Mei, Pengadilan Banding FIGC memutuskan Juventus dikenai sanksi minus 10 poin.

Juventus, yang sebelum putusan keluar tengah berada di zona Liga Champions, sontak terlempar dari empat besar.

Situasi bertambah runyam bagi Juventus mengingat setelah hukuman minus 10 poin keluar, mereka berturut-turut kalah dari Empoli (1-4) dan Milan (0-1).

Juventus kini menduduki peringkat tujuh dengan raihan 59 angka dan bakal bersaing dengan Atalanta (61 poin) serta Roma (60) untuk mendapatkan tiket partisipasi ke Liga Europa 2023-2024.

Sebanyak empat tiket ke Liga Champions 2023-2024 telah bertuan, masing-masing berada di tangan Napoli, Lazio, Inter Milan, dan AC Milan.

“Sepak bola memberi, sepak bola merampas, sama seperti kehidupan. Kami akan keluar dan dikuatkan melalui kejadian ini. Namun, beberapa tim lolos ke Liga Champions karena kami kehilangan 10 poin. Semua orang bisa sepakat dengan itu, bukan?” ujar Allegri usai kalah dari Milan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com