Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkembangan soal Persebaya dengan Stadion Gelora Bung Tomo

Kompas.com - 05/05/2023, 16:53 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perjalanan Persebaya Surabaya kembali pulang ke kandangnya, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, tidak semulus yang dibayangkan.

Upaya manajemen Persebaya untuk menggunakan kembali stadion kebanggaan arek-arek Suroboyo tersebut belum sepenuhnya tuntas.

Persebaya saat ini tengah mengurus perizinan menggunakan stadion tersebut.

Akan tetapi, pihak Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) mengungkap belum ada serah terima dari Kementerian PUPR yang menangani proses renovasi GBT persiapan Piala Dunia U20 lalu.

Baca juga: Aji Santoso Mau Persebaya Main dengan Kepala dan Tahan 90 Menit Penuh

Selain itu, disebutkan pula bahwa proses penjahitan lapangan yang belum tuntas sehingga Disbudporapar belum bisa mengeluarkan izin.

Hal ini membuat Manajer Persebaya, Yahya Alkatiri mengaku kebingungan.

"Di beberapa kesempatan, kami sudah dengar Pak Eri Cahyadi (Wali Kota Surabaya) mengizinkan penggunaan GBT. Lalu, saya tahu dari media kata Bu Wiwiek (Disbudporapar) belum boleh. Jadi, ini gimana," ucap pria yang biasa disapa Yahya itu dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com.

"Padahal, Persebaya perlu menggunakan GBT sejak pramusim sebagai bagian dari persiapan," lanjutnya.

Baca juga: Paulo Victor Bertahan, Komposisi Pemain Asing Persebaya Mendekati Sempurna

Persebaya sudah tujuh bulan tidak dapat menggunakan SGBT. Laga terakhir yang digelar di sana adalah ketika Alwi Slamat dkk melawan Bali United 2 September tahun lalu.

Usai Piala Dunia U20 resmi dibatalkan, Persebaya langsung bergerak cepat untuk bisa kembali berkandang di stadion yang terletak di daerah Benowo itu.

Sayangnya, masih terus terbentur restu dari pihak Disbudporapar sebagai pengelola.

Masalah semakin rumit lantaran surat izin penggunaan lapangan latihan ditolak oleh Pemerintah Kota Surabaya. Kemungkinan Persebaya juga terancam "terusir" dari Surabaya di masa persiapan.

"Ada tambahan masalah lagi, kami diinformasikan bahwa izin menggunakan Lapangan Thor dan Tambaksari untuk latihan ditolak, kami masih akan melakukan usaha lanjutan. Tapi belum tahu nanti jawabannya," kata Yahya.

Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya akan menjadi salah satu venue babak penyisihan Piala Dunia U20 2023 mulai tanggal 20 Mei - 11 Juni 2023.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya akan menjadi salah satu venue babak penyisihan Piala Dunia U20 2023 mulai tanggal 20 Mei - 11 Juni 2023.

"Terburuk ya kita latihan di kota tetangga atau lapangan di Surabaya lainnya. Mengingat nanti tanggal 10 tim sudah mulai latihan," imbuhnya.

Manajemen Persebaya berharap ada jalan terbaik dalam situasi sini untuk proses percepatan persiapan menyongsong target juara musim depan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com