Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSS Sleman Gaet Kiper Timnas Filipina Anthony Abadies Pinthus

Kompas.com - 01/05/2023, 10:00 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - PSS Sleman terus membangun skuad mumpuni untuk menghadapi musim 2023-24. Terkini, klub berjulukan Super Elang Jawa tersebut mendatangkan penjaga gawang asal Filipina, Anthony Abadies Pinthus.

Komisaris Utama PT Putra Sleman Sembada (PSS) Rachmat Makkasau, mengharapkan kedatangan Pinthus membuat lini belakang tim kian solid. Pasalnya, sektor tersebut menjadi titik terlemah PSS ketika mengarungi Liga 1 2022-23.

Ya, berdasarkan data dalam klasemen akhir Liga 1 2022-23, PSS yang finis di urutan ke-16 menderita 57 kali kebobolan berbanding 34 gol yang disarangkan ke gawang lawan. Wajar jika manajemen memilih fokus memperkuat lini belakang.

Baca juga: PSS Sleman Gerak Cepat: Dua Pemain Asing Baru untuk Pelatih Romania

"Lini pertahanan PSS menjadi perhatian untuk bisa lebih baik lagi, Anthony dan M Ridwan akan membuat kami lebih bersaing. Meskipun usianya masih muda yaitu 25 tahun, Pinthus sudah mendapatkan banyak pengalaman di timnas maupun level klulb," ujar Rachmat.

Sebelum mendatangkan Pinthus, PSS telah merekrut bek asal Brasil, Thales Matos, sehingga ada dua pemain anyar di sektor belakang PSS. Diharapkan dua pemain ini bisa menambal celah di lini belakang.

Rachmat yakin, Pinthus bisa memberikan dampak positif. Selain itu, persaingan di sektor penjaga gawang bakal lebih kompetitif.

"Dengan kemampuan, pengalaman dan gelar individu yang telah Pinthus dapatkan, saya rasa itu bisa menjadi bukti bahwa dia layak mengisi sektor penjaga gawang Super Elja," ungkap Rachmat.

"Persaingan di posisi kiper ke depannya tentu akan ada karena M Ridwan muncul menjadi salah satu pemain terbaik kami musim lalu. Persaingan yang kuat dan sehat akan memberikan yang terbaik untuk Laskar Sembada."

Baca juga: PSS Sleman Tunjuk Pelatih Asal Romania untuk Liga 1 Musim Depan

Pengalaman Pinthus tak perlu diragukan lagi. Sosok bernama lengkap Anthony Abadies Pinthus tersebut mengawali karier di Swiss bersama tim junior Grasshoppers. Kemudian, dia mendapatkan kontrak profesional pertama bersama klub Swiss lainnya, United Zurich.

Pemain berdarah Swiss-Filipina ini memiliki kewarganegaraan Filipina, mengikuti ibunya. Dia bergabung dengan dengan Azkals Development Team (ADT), klub yang menaungi pemain muda timnas Filipina pada 2020.

Kariernya mulai menanjak ketika membela United City FC di mana dia meraih penghargaan Golden Glovers pada Liga Filipina 2019-20. Kemudian, mereka meraih Copa Filipina 2020-21.

Performa gemilang tersebut membuat Pinthus, yang mengidolakan mantan kapten timnas Spanyol dan Real Madrid, Iker Casillas, dipanggil membela timnas Filipina. Dia pun masuk skuad The Azkals saat Piala AFF 2022.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Anthony Pinthus (@pinthus1)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com