Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singgung Treble, Pep Guardiola Sebut Man City Masih Jauh dari Itu

Kompas.com - 22/04/2023, 16:00 WIB
Frengky Tanto Wijaya,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

Sumber ESPN

KOMPAS.com - Manajer Manchester City, Josep 'Pep' Guardiola, enggan berekspektasi terlalu tinggi terkait peluang treble winners yang dapat diraih oleh klubnya pada musim ini. 

Hal ini ia sampaikan dalam konferensi pers jelang laga menghadapi Sheffield United dalam babak semifinal Piala FA musim ini di Stadion Wembley, London.

"Lihatlah seberapa jauh kami sebelum berbicara tentang itu (treble). 11 pertandingan, tersisa 11 laga yang harus kami jalani. Kami masih sangat jauh," ujar Pep Guardiola dilansir dari ESPN

Man City memang sedang dalam tren untuk mengejar gelar juara dari tiga kompetisi yang kini diikuti. Bila sukses, Man City dapat mengikuti jejak rival sekotanya, Man United dengan menjadi klub Inggris kedua yang pernah meraih treble.

Baca juga: Man City Vs Arsenal, Arteta Sebut Pertandingan Lawan Man City Bukan Laga Final

The Citizens hanya terpaut lima poin dari Arsenal di klasemen liga, menghadapi Sheffield United di babak semifinal Piala FA dan akan menjalani partai kandang-tandang kontra Real Madrid di Liga Champions.

"Saya sudah sampaikan berulang kali, berapa banyak rekor treble yang pernah tercipta di negara luar biasa ini? Satu, tetangga kami (Manchester United 1998-1999)," imbuh manajer asal Catalan tersebut.

Mantan manajer Barcelona dan Bayern Muenchen tersebut mengungkapkan bahwa anak-anak asuhannya saar ini cukup lelah selama menjalani musim ini, sehingga peluang meraih treble bagi timnya cukup kecil.

"Musim lalu kami sampai disini (Semifinal Piala FA) selama tiga atau empat tahun terakhir, dan kami tidak bisa lolos ke babak final karena tidak tampil dengan baik," kata Pep.

Baca juga: Ketika Duet Maut Racikan Pep Guardiola Bekerja untuk Man City...

"Salah satu alasannya adalah kami kelelahan, dan musim ini kami masih merasakannya. Perempat final Liga Champions (melawan Bayern) sangat menguras tenaga dan kami perlu untuk mengisi tenaga kembali."

"Setiap musim, saya merasa bahwa kami tidak siap secara fisik. Semoga musim ini kami dapat siap untuk semua pertandingan tersisa," tambahnya.

Kendati demikian, manajer berusia 52 tahun tersebut berharap agar pemain-pemainnya dapat mengubah rasa lelah yang dimiliki menjadi energi positif untuk mengarungi sisa musim.

"Di sisi lain, luar biasa bagi kami dapat berada di sini mengetahui bisa mencapai final. Ketika Anda memiliki keinginan untuk tetap berada di sana, kelelahan bisa berubah menjadi energi atau sesuatu yang positif," ujar Pep.

Baca juga: Kevin De Bruyne Tanggapi Peluang Man City Raih Treble Musim Ini

"Kami berjuang di setiap pertandingan untuk berada di sana (final). Manusia memiliki kemampuan regenerasi yang luar biasa jika pikirannya positif," sambungnya.

Sepanjang kariernya menangani Man City, Pep terhitung hanya sekali saja mengantar The Citizens menjadi jawara dari Piala FA, yakni pada musim 2018-2019.

Dalam tiga edisi terakhir tim Manchester biru dalam kompetisi tertua di dunia tersebut, Kevin De Bruyne dkk selalu mentok di babak semifinal berturut-turut.

Man City kalah dari Arsenal (2-0) pada musim 2019-2020, Chelsea (1-0) pada musim 2020-2021 dan teranyar Liverpool (3-2) pada 2021-2022 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ESPN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com