Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor Pengalaman Bikin Nagelsmann Dicoret dari Daftar Calon Pelatih Chelsea

Kompas.com - 22/04/2023, 07:59 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Chelsea mencoret nama Julian Nagelsmann dari daftar calon pelatih tim berjulukan The Blues tersebut. Faktor pengalaman menjadi latar belakang keputusan itu.

Klub asal London tersebut belum memiliki pelatih permanen sejak memecat Graham Potter pada September tahun lalu. Frank Lampard ditunjuk menjadi pelatih interim hingga akhir musim 2022-23 ini.

Dalam masa transisi tersebut, Chelsea terus berburu pelatih kelas atas. Ada sejumlah nama yang dikaitkan dengan klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut.

Julian Nagelsmann sempat dikaitkan dengan Chelsea. Tetapi kabar terbaru menyebutkan manajemen Chelsea mencoret mantan pelatih Bayern Muenchen tersebut dari daftar incaran.

Baca juga: Man City ke Semifinal Liga Champions: Ikuti Jejak Chelsea dan Man United, Tantang Real Madrid

Dewan direksi Chelsea meragukan pengalaman Nagelsmann di pentas Premier League, kasta tertinggi Liga Inggris. Ini yang membuat Nagelsmann tersingkir.

Padahal, Nagelsmann sudah melakukan pembicaraana dengan Chelsea setelah dirinya didepak dari Bayern Muenchen pada bulan lalu.

Ternyata, faktor pengalaman menjadi alasan keputusan tersebut. Nagelsmann mengungkapkan, dirinya tak diberi kepercayaan terkait sejumlah kebijakan transfer maupun pengembangan klub.

"Penting sebagai manajer bahwa anda merasa klub percaya pada anda dan metode anda," ujar Nagelsmann dikutip dari Sky Sports, Sabtu (22/4/2023).

Dengan demikian, Mauricio Pochettino menjadi kandidat terkuat. Sebab, mantan pelatih Paris Saint-Germain ini masih berada di dalam daftar setelah Luis Enrique pun memilih mundur.

Sejauh ini, Chelsea sudah mengadakan dua kali pembicaraan dengan sosok asal Argentina tersebut.

Baca juga: Chelsea Vs Real Madrid: Karim Benzema Sejajar Messi-Ronaldo

Namun Pochettino, yang punya pengalaman di Liga Inggris bersama Tottenham Hotspur, belum memberikan sinyal positif.

Vincent Kompany pun digadang-gadang bakal menukangi The Blues. Keberhasilannya membawa Burnley promosi ke Premier League menjadi nilai lebih yang membuat Chelsea memperhitungkan kemampuannya.

Musim depan, Chelsea bakal fokus di kompetisi domestik setelah terseok-seok dalam perjalanan menjelang akhir musim 2022-23. Mereka untuk sementara menempati peringkat ke-11 Premier League dengan koleksi 39 poin.

Chelsea terpaut 14 angka dari Tottenham yang berada di urutan kelima atau posisi terbawah zona Eropa. Lantaran Premier League menyisakan enam pertandingan, kecil kemungkinan mereka mengejar sang rival.

Perjalanan Chelsea di ajang Liga Champions 2022-23 pun sudah berakhir. Langkah mereka terhenti di babak perempat final karena disingkirkan sang juara bertahan, Real Madrid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com