Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dedik Setiawan, Striker Langka Arema FC

Kompas.com - 20/02/2023, 12:00 WIB
Suci Rahayu,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.comDedik Setiawan tercatat sebagai pemain paling subur di Arema FC. Hingga pekan ke-25, ia sudah mengemas tujuh gol dari 18 laga yang dijalani sepanjang Liga 1 2022-2023.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu berhasil melewati rekor musim lalu kala tampil kurang trengginas pascacedera panjang.

Musim lalu, ia hanya mengemas satu gol dari 23 penampilannya bersama Arema FC yang menutup kompetisi di posisi keempat klasemen akhir.

Baca juga: Jadwal Persib Vs Arema FC, Venue, dan Harapan Luis Milla

Liga 1 2022-23 masih cukup panjang. Dedik Setiawan berkesempatan melewati rekor gol paling banyak bersama Arema FC pada Liga 1 2018 lalu yaitu 10 gol.

Pelatih Arema FC, I Putu Gede, memuji kualitas Dedik Setiawan. Sang pelatih menyebut Dedik striker langka untuk pemain lokal.

Ia menyebut saat ini cukup sulit mencari striker lokal yang memiliki kualitas seperti pemain yang identik dengan nomor punggung 27 itu.

Menurutnya, Dedik Setiawan adalah striker lokal dengan kemampuan komplet tak hanya naluri gol tapi juga memiliki kecepatan dan mau turun membantu tim saat bertahan.

“Saya pikir Dedik ini pemain yang unik. Di Indonesia itu sudah jarang striker seperti dia. Tipikal dia punya naluri dan kalau dia lakukan seperti kemarin terus, dia bisa melebihi rekor dia,” ujar Putu Gede.

“Dedik ini bukan hanya di depan, dia orang pertama di pertahanan. Ini yang saya harapkan,” imbuhnya.

Baca juga: Arema FC Tim Nomaden Liga 1, Pejuang Pindah-pindah Kandang

Ia berharap pada sisa kompetisi musim ini, Dedik Setiawan bisa tampil lebih gacor. Dedik harus tampil lebih efektif dalam mengonversi peluang menjadi gol.

“Saya cuma menekankan bahwa jika ada peluang, maksimalkan kesempatan cetak gol. Selama ada peluang kalau enggak memanfaatkan dampaknya ke permainan,” ungkapnya.

Torehan tujuh gol membuat pemain berusia 28 tahun tersebut masuk dalam daftar top skor Liga 1 2022-23 sebagai satu dari tiga striker lokal yang meramaikan persaingan.

Selain nama Dedik Setiawan, ada nama penyerang Madura United Beto Goncalves yang juga mengemas tujuh gol dan striker PSM Makassar, Ramadhan Sananta yang sudah mengemas delapan gol.

Pemain Arema FC Dedik Setiawan mengontrol bola saat pertandingan pekan ke-13 Liga 1 2022-2023 melawan Persis Solo yang berakhir dengan skor 2-1 di Stadion Jatidiri Semarang, Minggu (11/12/2022) sore.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Arema FC Dedik Setiawan mengontrol bola saat pertandingan pekan ke-13 Liga 1 2022-2023 melawan Persis Solo yang berakhir dengan skor 2-1 di Stadion Jatidiri Semarang, Minggu (11/12/2022) sore.

Dedik Setiawan sudah puasa gol dalam dua laga terakhir saat Arema FC menghadapi Persija Jakarta dan Barito Putera.

Terakhir kali mantan penyerang Persekam Metro FC itu mencetak brace alias dua gol saat Arema FC mengalahkan RANS Nusantara FC dengan skor 2-1 beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com