Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Everton Pecat Lampard, Bielsa sampai Rooney Jadi Kandidat Pengganti

Kompas.com - 24/01/2023, 13:20 WIB
Rafiandra Putra Andika,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Sejumlah figur pelatih ternama dikabarkan masuk sebagai kandidat pengganti Frank Lampard yang baru saja dipecat oleh Everton.

Everton tengah mencari pelatih baru setelah berpisah dengan Frank Lampard pada Senin (23/1/2023), akibat serangkaian hasil buruk yang diperoleh oleh tim.

Klub asal Merseyside, Inggris, tersebut memang tengah berada dalam momentum yang kurang bagus. The Toffees gagal meraih kemenangan dalam delapan laga Liga Inggris secara beruntun.

Everton pun terpuruk di klasemen sementara Liga Inggris 2022-2023 dengan menduduki posisi ke-19, berbekal raihan 15 poin dari 20 pertandingan.

Baca juga: Everton Dikabarkan Pecat Frank Lampard, Hasil Buruk Jadi Petaka

Lampard dipecat setelah The Toffees kalah dari West Ham United 0-2 pada Sabtu (21/1/2023). Artinya, dalam 8 pekan ke belakang, pasukan asuhan Lampard hanya mampu mengamankan dua angka dari kemungkinan maksimal 24.

Everton di bawah kepemilikan Farhad Moshiri telah memecat tujuh pelatih sejak 2016.

Sebelum Lampard, nama-nama pelatih yang menjadi korban kepemimpinan Moshiri adalah Roberto Martinez, Ronald Koeman, Sam Allardyce, Marco Silva, Carlo Ancelotti, hingga Rafael Benitez.

Roberto Martinez jadi pelatih dengan masa jabatan terlama di Everton era Moshiri, yaitu hampir tiga tahun, persisnya sejak Juni 2013 hingga Mei 2016.

Semenjak saat itu, tak ada satu pun pelatih Everton yang bertahan sampai dua tahun di klub. Rata-rata Moshiri memecat pelatih klubnya setelah 1,5 tahun menukangi tim.

Baca juga: Rekap Transfer Eropa: Lampard Dipecat, Masa Depan Messi Jadi Misteri

Bahkan, legenda Liverpool, Jamie Carragher, mengatakan bahwa Everton adalah tim dengan manajemen terburuk di Inggris setelah selalu memecat pelatihnya tanpa adanya tujuan tertentu.

Sejumlah pelatih dikabarkan telah masuk ke dalam radar Everton untuk menjadi kandidat pengganti Lampard, sang legenda Chelsea.

Mantan pelatih Leeds United, Marcelo Bielsa, menjadi salah satu kandidat pengganti Lampard. Moshiri diketahui merupakan penggemar dari pelatih berusia 67 tahun tersebut yang merupakan mentor Pep Guardiola.

Kejeniusan Bielsa dan kesuksesannya mengorbitkan beberapa pemain muda Leeds United pada rentang 2018-2022, jadi salah satu faktor Everton mempertimbangkan nama sang pria asal Argentina.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Arsenal Teratas, Man United Terlempar dari 3 Besar

Nama lain yang masuk menjadi kandidat pelatih Everton adalah Sean Dyche. Ia sempat melatih Burnley selama 10 tahun, sebelum dipecat pada April 2022 lalu.

Sejak berhenti menukangi Burnley, Dyche masih belum melatih tim mana pun dan besar kesempatannya untuk kembali ke Premier League bersama Everton.

Everton juga dikabarkan akan mendekati mantan pemain binaan mereka yang melegenda di Man United, Wayne Rooney.

Rooney sejatinya pernah mendapat tawaran untuk melatih Everton. Namun, saat kesempatan itu datang pada masa lalu, ia merasa belum siap dan memilih untuk menjadi manajer Derby County terlebih dahulu selama dua tahun.

Sekarang, mantan pemain Manchester United itu tengah menukangi klub Amerika Serikat, DC United.

Mengingat riwayat kedekatannya dengan Everton, bukan tak mungkin Rooney akan pulang kampung ke sisi biru Merseyside.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com