Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Dibekuk Vietnam 2-0, Garuda Gagal ke Final Piala AFF

Kompas.com - 09/01/2023, 22:19 WIB
Kristianto Purnomo

Penulis

KOMPAS.com - Timnas Indonesia tak berhasil ke final setelah kalah dari Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Pertandingan Vietnam vs Indonesia yang berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Senin (9/1/2023) malam WIB, tuntas dengan skor 2-0.

Vietnam memastikan kemenangan berkat gol-gol yang semua dicetak oleh Nguyen Tien Linh pada menit ketiga dan 47.

Dengan hasil ini, Vietnam berhak lolos ke final Piala AFF 2022 seturut keunggulan agregat 2-0 atas Indonesia dan akan melawan pemenang antara Malaysia dan Thailand.

Pesepak bola Timnas Indonesia Saddil Ramdani (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Pham Tuan Hai (tengah) dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). Timnas Indonesia tak berhasil ke final setelah kalah dari Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022.ADITYA PRADANA PUTRA Pesepak bola Timnas Indonesia Saddil Ramdani (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Pham Tuan Hai (tengah) dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). Timnas Indonesia tak berhasil ke final setelah kalah dari Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Baca juga: Target Shin Tae-yong Tak Terwujud, Penantian Indonesia Juara Piala AFF Berlanjut

Malaysia sementara unggul agregat 1-0 atas Thailand. Kedua tim akan menjalani leg kedua semifinal Piala AFF 2022 pada Selasa (10/1/2023).

Jalannya pertandingan

Nguyen Tien Linh membawa Vietnam unggul cepat saat pertandingan baru berusia tiga menit. Gol bermula dari umpan jauh Do Hung Dung.

Bola sempat memantul lebih dulu, sebelum Nguyen Tien Linh menyambarnya dengan tembakan kaki kanan yang gagal diblok kiper timnas Indonesia, Nadeo Argawinata.

Pesepak bola Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto (kanan) bereaksi usai gagal membobol gawang Timnas Vietnam dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). Timnas Indonesia tak berhasil ke final setelah kalah dari Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022.ADITYA PRADANA PUTRA Pesepak bola Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto (kanan) bereaksi usai gagal membobol gawang Timnas Vietnam dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). Timnas Indonesia tak berhasil ke final setelah kalah dari Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Vietnam lalu mendapat kesempatan dari tendangan bebas yang diambil Nguyen Quang Hai pada menit ke-12.

Tendangannya disambut tandukan Doan Van Hau yang tak terkawal. Namun, sundulan Van Hau masih melambung di atas gawang.

Peluang bagi Indonesia datang pada menit ke-13. Jordi Amat melakukan sundulan dari tengah kotak penalti usai menerima servis Pratama Arhan. Namun, upayanya masih melebar.

Menit ke-29, Vietnam nyaris menggandakan keunggulan andai tendangan bebas Doan Van Hau tidak meleset ke kiri gawang timnas Indonesia.

Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Nguyen Quang Hai dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). Timnas Indonesia tak berhasil ke final setelah kalah dari Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022.ADITYA PRADANA PUTRA Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Nguyen Quang Hai dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). Timnas Indonesia tak berhasil ke final setelah kalah dari Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Baca juga: VIDEO - Gol-gol Vietnam Vs Indonesia pada Leg 2 Semifinal Piala AFF 2022

Babak pertama Vietnam vs Indonesia pun berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Nguyen Tien Linh kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-47. Ia merobek gawang timnas Indonesia dengan sundulannya usia menerima sepak pojok Do Hung Dung.

Vietnam kembali mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol pada menit ke-58 melalui umpan panjang Doan Van Hau ke Pham Tuan Hai.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bereaksi usai pemainnya dilanggar keras oleh pesepak bola Timnas Vietnam dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). Timnas Indonesia tak berhasil ke final setelah kalah dari Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022.ADITYA PRADANA PUTRA Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bereaksi usai pemainnya dilanggar keras oleh pesepak bola Timnas Vietnam dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). Timnas Indonesia tak berhasil ke final setelah kalah dari Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com