Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Parameter Sukses Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023

Kompas.com - 28/12/2022, 18:20 WIB
Rafiandra Putra Andika,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memberi empat target kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023 yang akan digelar pada Mei-Juni 2023 mendatang.

Sebagai tuan rumah turnamen olahraga dunia, Menpora memberi empat parameter kesuksesan penyelenggaraan Piala Dunia U20 2023.

"Dari awal memang tekad kita adalah sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses adminstrasi, dan sukses ekonomi," kata Amali, dikutip dari laman resmi Kemenpora RI, Selasa (27/12/2022).

Baca juga: Erick Thohir dan Zainudin Amali Temui Presiden FIFA untuk Persiapan Piala Dunia U20 2023

Target Menpora ini disampaikan dalam rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 secara virtual yang dihadiri oleh lintas Kementerian dan Lembaga.

Turut hadir dalam rapat di antaranya adalah Kementerian PUPR, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kepolisian RI, TNI, Kejaksaan Agung RI, serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Selain empat tolok ukur kesuksesan penyelenggaraan Piala Dunia 2022 yang disebutkan tadi, Menpora juga menekankan pentingnya kerja sama berbagai pihak.

"Kita tidak ingin dua sukses di depan kemudian belakangnya tidak sukses dengan adanya masalah-masalah yang dihadapi oleh panitia ada masalah hukum dan sebagainya."

Baca juga: Persyaratan dan Cara Daftar Relawan Piala Dunia U20 2023

"Juga sukses ekonomi, setiap event baik single dan multi-event empat sukses itu harus ditekankan di awal," tutur Menpora lagi.

Piala Dunia U20 akan diadakan di enam stadion ternama di Indonesia, yang tersebar di enam kota.

Jakarta, Palembang, Bandung, Surabaya, Solo, dan Gianyar telah terpilih sebagai enam kota tuan rumah untuk penyelenggaraan Piala Dunia U20 2023.

Menpora meminta agar masing-masing kota benar-benar siap dalam penyelenggaraan, sehingga bisa berdampak positif bagi ekonomi daerah tersebut.

Baca juga: Piala Dunia U20 2023, Jokowi Capai Kesepakatan dengan Presiden FIFA

"Yang jelas kemeriahan di enam tempat ini tentu kita sedang rancang seperti apa sesuai arahan juga dari FIFA agar tidak menjadi kesalahan."

"Sehingga nanti seluruh Indonesia akan tahu bahwa kita menjadi tuan rumah Piala Dunia Sepak Bola U20," ujar Menpora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com