Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Perebutan Peringkat Ketiga Piala Dunia 2022: Kroasia Vs Maroko

Kompas.com - 15/12/2022, 17:20 WIB
Rafiandra Putra Andika,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Piala Dunia 2022 telah sampai ke tahap akhir, dengan menyisakan dua pertandingan yaitu perebutan tempat ketiga dan partai final.

Partai puncak Piala Dunia 2022 akan mempertemukan Argentina vs Perancis di Stadion Lusail, Qatar pada Minggu (18/12/2022) mulai pukul 22.00 WIB.

Satu hari sebelumnya, akan ada pertandingan untuk memperebutkan tempat ketiga antara Kroasia vs Maroko di Stadion Internasional Khalifa pada Sabtu (17/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Kroasia gagal melaju ke final Piala Dunia kedua secara beruntun setelah menyerah di hadapan Lionel Messi dkk di semifinal dengan skor 0-3.

Baca juga: Jadwal Perebutan Peringkat Ketiga Piala Dunia 2022, Kroasia Menanti Perancis atau Maroko

Walau begitu, langkah heroik Luka Modric dkk melaju ke semifinal tidak bisa dilupakan begitu saja.

Kroasia memenangi dua laga di fase gugur via adu penalti. Bahkan, pada sepasang laga tersebut, Kroasia selalu tertinggal terlebih dahulu.

Pada babak 16 besar Piala Dunia 2022, Kroasia menghentikan langkah wakil Asia, Jepang usai menang adu penalti 3-1. Adu penalti dilakukan setelah kedua tim bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Tim berjuluk Vatreni itu lantas menumbangkan salah satu kandidat kuat juara Piala Dunia 2022, Brasil, pada fase perempat final.

Kroasia menang lewat adu penalti dengan skor 4-2, setelah sebelumnya skor sama kuat 1-1. Brasil dan Kroasia sama-sama mencetak satu gol di babak perpanjangan waktu.

Performa brilian pasukan Zlatko Dalic itu tak bisa berlanjut saat melawan Argentina. Mereka tidak berkutik melawan Lionel Messi yang mencetak satu gol dan satu assist.

Baca juga: Argentina Vs Kroasia - Ambisi Vatreni Ukir Sejarah di Piala Dunia 2022

Lawan Kroasia pada laga perebutan tempat ketiga tidak bisa dianggap remeh. Maroko merupakan tim kuda hitam pada turnamen kali ini yang telah mencetak sejarah.

Hakim Ziyech dkk menjadi tim pertama dari benua Afrika dan negara Arab pertama yang berhasil lolos ke babak semifinal Piala Dunia.

Sepanjang Piala Dunia 2022, tim berjuluk Singa Atlas itu mencapai semifinal dengan mengalahkan tim-tim kuat seperti Belgia, Spanyol, dan Portugal.

Pertahanan Maroko jadi kunci permainan pasukan Walid Regragui ini, di mana sebelum semifinal belum ada tim lawan yang berhasil menjebol gawang kawalan Yassine "Bono" Bounou.

Baca juga: Goresan Sejarah Maroko Terhenti di Semifinal: Kebanggaan Afrika, Perjuangan Belum Selesai!

Baru di laga semifinal melawan Perancis, Theo Hernandez dan Randal Kolo Muani jadi dua pemain tim lawan yang akhirnya berhasil menjebol gawang Maroko.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com