Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor Pecah Lagi, Lionel Messi Terlibat Langsung dalam 20 Gol di Piala Dunia

Kompas.com - 14/12/2022, 03:46 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Megabintang Argentina, Lionel Messi, kembali menciptakan sejarah pada laga semifinal Piala Dunia 2022 kontra Kroasia pada Rabu (14/12/2022) dini hari WIB.

Lionel Messi menjadi bintang pada laga semifinal Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium tersebut dengan mencetak gol penalti yang membuka keunggulan Argentina.

Dirinya juga memberikan assist ciamik untuk gol kedua Julian Alvarez pada laga tersebut.

Gol Messi membawanya ke catatan 11 gol bagi Argentina di Piala Dunia, sebuah rekor baru bagi Albiceleste yang sebelumnya dipegang oleh Gabriel Omar Batistuta (10).

Terlebih, Messi datang ke Qatar tanpa pernah mencetak gol di babak knockout Piala Dunia. Sekarang, dia telah mencetak gol di babak 16 besar (vs Australia), babak perempat final (vs Belanda), dan babak semifinal ini.

Baca juga: Argentina Vs Kroasia: Cetak Gol, Messi Lampaui Rekor Batistuta

Tak hanya itu, 11 gol Messi di Piala Dunia dilengkapi dengan sembilan assist.

Dikutip dari akun statistik sepak bola @2010MisterChip, jumlah 20 kontribusi gol langsung ini adalah yang terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia.

Sebelumnya, Messi berdiri sejajar dengan Miroslav Klose (Jerman, 16 gol dan 3 assist), Ronaldo Nazario (Brasil, 15 gol dan 4 assist), Gerd Mueller (Jerman, 14 gol dan 5 assist), dan Pele (Brasil, 12 gol dan 7 assist).

Lionel Messi mendapatkan gol sekaligus assist pertamanya di ajang turnamen empat tahunan ini saat Argentina menang 6-0 pada laga fase grup Piala Dunia 2006 kontra Serbia-Montenegro.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com