Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persebaya Vs Barito: Bajul Ijo Pantang Sia-siakan Persiapan Panjang

Kompas.com - 06/12/2022, 11:00 WIB
Suci Rahayu,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Persebaya Surabaya menantikan hasil persiapan panjang yang dilakukannya ketika bertemu Barito Putera.

Tim berjulukan Bajul Ijo ini enggan meraih hasil negatif setelah bekerja keras selama satu setengah bulan terakhir.

Laga Persebaya vs Barito Putera akan tersaji pada pekan ke-12 Liga 1 2022-2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (6/12/2022) sore WIB.

Baca juga: Evaluasi Persebaya Usai Libas Persis 5-1 dalam Latih Tanding

Sebelum menghadapi laga ini, Persebaya bisa dibilang tim yang paling siap. Persebaya bahkan nyaris tidak meliburkan tim saat kompetisi terhenti selama dua bulan sejak 1 Oktober.

Sho Yamamoto dkk sudah kembali berlatih beberapa hari setelah Tragedi Kanjuruhan. Persebaya berlatih dengan skuad yang lengkap, termasuk para pemain asing.

Gelandang Persebaya Surabaya Andre Oktaviansyah tidak sabar segera melihat hasil kerja keras tim. Ia tidak ingin persiapan panjang itu berakhir sia-sia.

“Selama jadwal yang tidak jelas, kami hanya berlatih. Kompetisi ini yang paling kami tunggu-tunggu untuk jadi ajang bagi kami berkompetisi lebih baik,” kata pemain berusia 20 tahun tersebut.

Baca juga: Klasemen Liga 1: Menang dan Jaga Rekor, PSM Makassar Kuasai Puncak

“Untuk persiapan, kami sudah siap seratus persen. Tim juga sudah berkumpul sebelum liga dmulai. Persiapan kami secara kondisi fisik sudah pasti seratus persen,” imbuhnya.

Sebelumnya, Bajul Ijo sempat unjuk kualitas saat uji tanding terakhir. Satu-satunya laga menghadapi tim Liga 1, Persebaya berhasil menang telak 5-1 atas Persis Solo.

Bermain cepat dengan operan-operan pendek dan mengandalkan kolektivitas tampak diperagakan dengan nyaman oleh pemain seperti permainan khas Persebaya pada musim lalu.

“Mudah-mudahan kondisi pemain besok dalam keadaan bagus, sehingga bisa menampilkan permainan yang menjadi ciri khas Persebaya, dinikmati oleh pemirsa, dan bisa meraih poin penuh,” ujar pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso.

Ekspresi pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso seusai pertandingan pekan ke-8 Liga 1 2022-2023 melawan Bali United yang berakhir dengan skor 0-1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (2/9/2022) sore. KOMPAS.com/Suci Rahayu Ekspresi pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso seusai pertandingan pekan ke-8 Liga 1 2022-2023 melawan Bali United yang berakhir dengan skor 0-1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (2/9/2022) sore.

Ia menegaskan tidak memusingkan siapa pun lawan yang akan dihadapi. Prinsip kolektivitas bermain dianggapnya sudah cukup untuk melawan Barito Putera.

“Yang jelas, kami tidak melakukan taktikal secara individu pemain, tetapi kolektivitas,” ujarnya.

Situasi Persebaya saat ini masih tertahan di peringkat ke-11 klasemen sementara Liga 1 2022-2023 dengan koleksi 13 poin.

Posisi Barito Putera lebih mengenaskan. Mereka berada di peringkat ke-17 karena baru mengumpulkan lima poin.

Klasemen Liga Indonesia

No Klub D M S K -/+ P
1
PSM
11 7 4 0 14 25
2
Bali United
12 8 0 4 10 24
3
Borneo
11 7 2 2 12 23
4
Madura United
12 7 2 3 8 23
5
Persita
12 7 1 4 4 22
Klasemen selengkapnya

Keterangan:
No: Peringkat
D: Dimainkan
M: Menang
S: Seri
K: Kalah
-/+: Selisih Gol
P: Poin
*Update terakhir Selasa (6/12/2022) pukul 04:15 WIB

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com