Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Portugal Vs Swiss: Santos Tak Suka Sikap Ronaldo Saat Diganti

Kompas.com - 06/12/2022, 08:20 WIB
Rafiandra Putra Andika,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Pelatih timnas Portugal, Fernando Santos, mengaku tak senang dengan sikap Cristiano Ronaldo saat diganti dalam pertandingan melawan Korea Selatan.

Sang pelatih mengungkapkan sikap kapten Portugal tersebut jelang laga melawan Swiss dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Portugal vs Swiss akan memperebutkan satu tiket ke babak 8 besar Piala Dunia 2022. Duel berlangsung di Stadion Lusail, Qatar pada Selasa (6/12/2022) malam waktu setempat atau Rabu (7/12/2022) dini hari WIB.

Sebelum melakoni laga penting itu, Santos mengungkapkan isi hatinya soal tingkah Ronaldo ketika melawan Korea Selatan dalam laga terakhir penyisihan grup.

Kala itu, Portugal bermain tanpa beban karena sudah memastikan diri lolos ke fase gugur. Ini membuat Santos mengistirahatkan beberapa pemain inti.

Ronaldo tetap dimainkan dari awal laga, lalu diganti saat menit ke-65. Sikap Ronaldo saat berjalan menuju pinggir lapangan jadi sorotan media dan perhatian Fernando Santos.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Fans Portugal Ingin Cristiano Ronaldo Jadi Cadangan

Kapten timnas Portugal itu terlihat adu mulut dengan salah satu pemain Korea Selatan, Cho Gue-sung, dan menunjukkan gestur menaruh jari telunjuk di depan bibirnya.

Santos yang melihat kejadian tersebut dari pinggir lapangan, mengaku tak suka dengan sikap Ronaldo. Tetapi, mereka telah menyelesaikan persoalan itu.

"Apakah saya telah melihatnya? Iya, saya tidak menyukainya sama sekali, sangat tidak menyukainya," ujar Santos dalam konferensi pers jelang laga melawan Swiss, dikutip dari BBC.

"Tapi sejak momen itu semua telah diselesaikan. Masalah tersebut telah didiskusikan di balik layar."

Baca juga: Korea Selatan Vs Portugal, Alasan Ronaldo Ngamuk Usai Ditarik Keluar

"Tidak akan ada lagi pembahasan soal masalah tersebut dan sekarang semuanya fokus ke pertandingan besok," kata pelatih berusia 68 tahun tersebut.

Jelang pertandingan 16 besar tersebut, fakta mengejutkan datang dari para penggemar Selecao das Quinas, julukan Portugal.

Menurut survey yang dilakukan oleh media Portugal, A Bola, sebanyak 70 persen responden yang merupakan fans Portugal menginginkan Ronaldo jadi pemain cadangan.

Mengenai hal ini, Santos tidak memberikan informasi lebih lanjut. Ia pun tidak mengonfirmasi Ronaldo akan memimpin Portugal pada laga melawan Swiss.

Baca juga: Reaksi Ronaldo Usai Portugal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022: Mimpi Itu Masih Hidup!

"Saya hanya akan menentukan siapa kaptennya ketika saya sampai di stadion, saya belum tahu seperti apa susunan pemain kami," ucap Santos.

"Saya tidak membaca informasi seperti ini (polling tentang Ronaldo). Saya hanya fokus pada tim saya. Kami berkonsentrasi pada latihan dan tidak memberi perhatian pada polling apapun."

Santos juga menolak memberi komentar mengenai masa depan Ronaldo, yang dikabarkan akan segera bergabung dengan klub Arab Saudi, Al-Nassr.

"Saya tidak tahu apa-apa tentang ini (masa depan Ronaldo). Itu adalah keputusannya (Ronaldo). Saya bahkan belum tau soal ini ketika sampai di sini," tambah Santos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com